kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Medco Energi (MEDC) Siapkan Rp 200 Miliar Untuk Buyback 100 Juta Saham


Jumat, 19 April 2024 / 20:38 WIB
Medco Energi (MEDC) Siapkan Rp 200 Miliar Untuk Buyback 100 Juta Saham
ILUSTRASI. Medco Energi Internasional (MEDC) berencana untuk melakukan pembelian kembali alias buyback saham.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) berencana untuk melakukan pembelian kembali alias buyback saham. Untuk itu, MEDC menyiapkan dana sebanyak-banyaknya Rp 200 miliar.

Dengan asumsi bahwa nilai tukar rupiah berada di level Rp 16.000 per dolar Amerika Serikat (AS), maka total dana yang disiapkan Medco Energi setara dengan US$ 12,5 juta. 

Jika memperhitungkan biaya transaksi, perdagangan perantara dan biaya lainnya yang sehubungan dengan transaksi buyback, maka total dana yang digelontorkan MEDC diperkirakan mencapai Rp 225 miliar. 

“Sumber dana yang digunakan sebagai biaya untuk melaksanakan buyback saham bukan merupakan dana hasil penawaran umum dan bukan dari pinjaman atau utang,” tulis manajemen Medco, Jumat (19/4).

Baca Juga: Medco Energi (MEDC) Umumkan Penyelesaian Divestasi Ophir Vietnam Block 12W B.V

Berdasarkan keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dirilis pada Jumat (19/4), Medco akan melakukan pembelian kembali atas 100 juta saham. Ini setara dengan 0,398% dari modal ditempatkan dan disetor penuh oleh MEDC. 

Manajemen Medco menjelaskan tujuan buyback saham ini akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi MEDC dalam mengelola modal dan memaksimalkan pengembalian kepada pemegang saham. 

“Pembelian kembali juga akan memfasilitasi pengembalian kelebihan kas dan dana bagi pemegang saham dengan cara yang efektif dan efisien,” jelasnya. 

Untuk bisa mengeksekusi aksi korporasi ini, emiten produsen minyak ini akan meminta restu dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), yang akan diselenggarAkan pada 30 Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×