kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mayoritas bursa Asia menguat tertiup sentimen positif perundingan dagang AS-China


Senin, 23 September 2019 / 08:32 WIB

Mayoritas bursa Asia menguat tertiup sentimen positif perundingan dagang AS-China
ILUSTRASI. Bursa Asia


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mayoritas Bursa Asia dibuka menguat pada perdagangan awal pekan ini meski diwarnai koreksi beberapa indeks. Senin (23/9) pukul 08.20 WIB, indeks Nikkei 225 naik 34,64 poin atau 0,16% ke 22.079,09, Taiwan Taiex naik 4,05 poin atau 0,04% ke 10.936,40, Kospi naik 0,81 poin atau 0,01% ke 2.091,66, ASX 200 naik 31,05 poin atau 0,46% ke 6.761,80. 

Sementara itu, Straits Times melemah 5,04 poin atau 0,16% ke 3.153,95 dan FTSE Malaysia melemah 1,15 poin atau 0,09% ke 1.596,02.

Kenaikan bursa Asia ditopang oleh harapan adanya kesepakatan sementara tentang tarif dagang AS-China setelah kedua negara menggambarkan pembicaraan dagang yang digelar pekan lalu berjalan konstruktif dan produktif.

Baca Juga: Bursa saham Asia menguat di hari terakhir perdagangan pekan ini

Mengutip Reuters, Kantor Perwakilan Dagang AS mengeluarkan pernyataan singkat yang menyatakan perundingan dagang dua hari yang digelar kemarin produktif dan memastikan perundingan tingkat tinggi antara kedua negara di Washington pada awal Oktober akan berjalan sesuai rencana.

Sementara itu Kementerian Perdagangan China dalam sebuah pernyataan singkat menggambarkan pembicaraan kemarin konstruktif dan mengatakan mereka melakukan diskusi yang baik tentang pengaturan terperinci untuk KTT Oktober nanti.

"Kedua belah pihak sepakat untuk menjaga komunikasi tentang masalah yang relevan," jelasnya tanpa merinci.

Selain itu, AS menghapus tarif lebih dari 400 produk China sebagai tanggapan atas permintaan perusahaan AS.

Baca Juga: Bursa Asia bergerak tipis, menunggu aksi dua bank sentral pekan ini

Namun investor masih sedikit gelisah karena berita pada Jumat lalu yang menyatakan bahwa pejabat China tiba-tiba membatalkan kunjungan ke pertanian AS pekan depan setelah dua hari negosiasi mereka di Washington.

"Ketegangan perdagangan cenderung meningkat dan berkurang menjelang negosiasi AS-China pada Oktober," kata analis Citi Cesar Rojas dalam sebuah catatan seperti dikutip Reuters.

"Terlepas dari tanda-tanda moderasi baru-baru ini dalam laju peningkatan ketegangan perdagangan menjelang  perundingan dagang Oktober, kami terus memperkirakan ketegangan perdagangan AS-China akan berlanjut."

 


Reporter: Herlina KD
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×