kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mayoritas Bursa Asia Ditutup Menguat Hari Ini (27/6), Simak Sentimennya


Senin, 27 Juni 2022 / 18:27 WIB
Mayoritas Bursa Asia Ditutup Menguat Hari Ini (27/6), Simak Sentimennya
ILUSTRASI. Mayoritas Bursa Asia ditutup menguat pada awal pekan ini


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Asia mayoritas ditutup naik pada perdagangan Senin (27/6). Kenaikan ini seiring dengan membaiknya sentimen investor dan stabilnya harga minyak mentah.

Pada perdagangan hari ini (27/6), penguatan di Bursa Asia dipimpin oleh Hang Seng yang ditutup menguat 2,35%. Disusul Nikkei 225 menguat 1,43%, dan Shanghai Composite naik 0,88%. Namun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) justru melemah 0,38% ke level 7.016,055.

Saat ini, fokus perhatian investor tertuju pada sebuah acara forum selama 3 hari yang diselenggarakan oleh European Central Bank (ECB) di Portugal mulai hari ini (27/6).

Presiden ECB Christine Lagarde, Ketua Federal Reserve Jerome Powell, dan Gubernur Bank of England Andrew Bailey dijadwalkan berbicara di acara tersebut pada Rabu (29/6) mendatang.

Melalui acara ini, investor mencari petunjuk mengenai pandangan pejabat bank sentral global tentang bagaimana mengendalikan inflasi sambil merekayasa perlambatan ekonomi secara perlahan-lahan (soft-landing) untuk ekonomi global.

Investor juga memantau pertemuan puncak para pemimpin negara anggota Group of 7 (G7) yang berencana memberikan komitmen mendukung Ukraina secara tidak terbatas dalam usahanya melawan invasi Rusia.

Baca Juga: IHSG Tergelincir 0,38% ke Level 7.016 pada Penutupan Perdagangan Senin (27/6)

G7 juga berencana membatasi harga ekspor produk minyak asal Rusia dengan tujuan untuk menekan jumlah pendapatan yang dapat diraup oleh Rusia dari sektor migas, serta mengurangi kerusakan yang di derita oleh ekonomi negara-negara Eropa.

Selain itu, Amerika Serikat (AS), Inggris, Jepang dan Kanada juga berencana mengumumkan larabgan impor emas dari Rusia.

Berkaitan dengan Rusia, untuk pertama kali dalam satu abad, negara tersebut dipastikan gagal bayar (default) atas utang luar negerinya. Ini adalah titik kulminasi dari sanksi ekonomi yang dijatuhkan dunia barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×