kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,01   -1,74   -0.19%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Matahari Putra Prima (MPPA) bukukan penjualan Rp 8,7 triliun pada 2019


Selasa, 12 Mei 2020 / 12:18 WIB
Matahari Putra Prima (MPPA) bukukan penjualan Rp 8,7 triliun pada 2019
ILUSTRASI. Sejumlah karyawan beraktivitas di Gerai Hypermart usai pelaksanaan grand opening di Palu Grand Mall, Sulawesi Tengah, Selasa (19/11/2019). Pembukaan kembali gerai yang sebelumnya hancur akibat dilanda gempa dan tsunami tersebut diharapkan dapat membantu p


Reporter: Amalia Fitri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA, PT. Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) mencatat penjualan yang menggembirakan dengan nilai Rp 8,7 triliun pada 2019.

Penjualan MPPA tersebut ditopang pertumbuhan berkelanjutan dari produk segar yang naik 4,0% dan berkontribusi 24% terhadpa penjualan perusahaan.

Director sekaligus Corporate Secretary & Public Affairs, Matahari Putra Prima, Danny Kojongian, mengatakan, kinerja tersebut mencerminkan progres peningkatan menghadirkan produk-produk segar dan memfokuskan kembali bisnisnya kepada konsumen ritel.

Baca Juga: Matahari (MPPA) tebar diskon khusus 5% bagi pahlawan Covid-19, siapa saja?

"Hal ini untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan dasar harian pelanggan yang berkelanjutan melalui berbagai ragam produk segar, groseri dan kebutuhan rumah tangga lainnya," kata nya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Selasa (12/5).

Sepanjang 2019 marjin laba bruto menjadi 18,3% dari penjualan, meningkat 441 bps dari 2018. Profitabilitas EBITDA terus memberikan peningkatan positif untuk tahun 2019.

Langkah-langkah efisiensi operasional yang telah dilaksanakan sejak akhir 2017 telah menghasilkan perbaikan substansial pada struktur biaya di mana biaya pemasaran dan umum & administrasi pada tahun 2019 turun 14,3% (year on year/yoy) dengan penghematan total sebesar Rp 299 miliar.

"Kami berkomitmen meninjau lebih lanjut danmenerapkan langkah-langkah efisiensi operasional untuk meningkatkan profitabilitas," kata dia.

Baca Juga: Matahari (MPPA) raih sertifikasi halal LPPOM MUI untuk jaringan gerai dan distribusi

Di awal 2019, perusahaan meluncurkan format toko terbarunya yakni HyFresh, yang merupakan interpretasi terbaru dari supermarket komunitas dengan fokus yang lebih besar pada produk segar dan groseri dengan harga kompetitif untuk menarik minat rumah tangga untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Pada kuartal IV-2019, perusahaan juga mengumumkan kolaborasinya dengan The Walt Disney Indonesia untuk menghadirkan pengalaman berbelanja unik kelas dunia pada produk-produk segar kepada konsumen di semua toko.

Buah-buahan, sayuran, dan produk roti berkualitas serta pakaian dan tas yang dapat digunakan kembali dikemas dengan inspirasi karakter Disney.

Baca Juga: Matahari Putra Prima (MPPA) beri diskon 5% untuk apresiasi pahlawan Covid-19

Prioritas juga difokuskan pada peninjauan manajemen persediaan untuk menghadirkan penawaran produk yang paling tepat dan untuk mengurangi barang yang tidak produktif dengan perputaran lambat untuk memperoleh arus kas yang lebih baik.

"Upaya ini membuat perseroan mampu mengurangi out of stock (OOS), sementara tingkat perputaran juga lebih baik menjadi 55 hari dari 58 hari di tahun sebelumnya," pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×