kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mata uang euro mengungguli poundsterling


Minggu, 12 Mei 2019 / 17:56 WIB
Mata uang euro mengungguli poundsterling

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketidakpastian Brexit yang masih berlarut dan respons positif pasar pada tetapnya suku bunga acuan kawasan Eropa membuat pasangan mata uang EUR/GBP menguat. Mengutip Bloomberg di pasar spot, Jumat (10/5), pasangan mata uang EUR/GBP tercatat menguat 0,20% ke level 0,8640.

Analis Monex Investindo Futures Ahmad Yudiawan mengatakan kekhawatiran kondisi di tengah ketidakpastian Brexit yang diperpanjang hingga Oktober 2019 membuat mata uang Ratu Elizabeth ini melemah.


Sementara, euro memang cenderung menguat terhadap poundsterling karena pelaku pasar merespon positif European Central Bank yang memutuskan untuk tidak mengubah tingkat suku bunga acuannya. "Keputusan ECB mengenai suku bunga sama seperti prediksi pasar dan menjadi daya tarik sendiri pelaku pasar untuk membeli euro dan menjual poundsterling," kata Yudi, Jumat (10/5).

Sedangkan, pada Jumat malam data pertumbuhan ekonomi Inggris tercatat turun 0,1% secara bulanan di periode April. Namun, data produksi manufaktur menunjukkan pertumbuhan 0,9% secara bulanan. Angka tersebut naik lebih tinggi dari proyeksi pasar yang naik 0,1%.

Sementara data prelim GDP Inggris dirilis naik 0,5% secara kuartalan tumbuh lebih baik dari data di periode sebelumnya yang hanya tumbuh 0,2%.

Yudi mengatakan data penting dari Inggris berpotensi mempengaruhi harga EUR/GBP. Namun, Yudi memproyeksikan poundsterling masih akan menerima tekanan dari kondisi Brexit.

Secara teknikal harga MA 50, MA 100 dan MA 200 masih mengindikasikan adanya kenaikan. MACD bergerak positif. RSI berada di area positif di leel 69,50. Stochastic berada di rentang 62,86-66,96.

Yudi merekomendasikan buy on dips di rentang support 0,8580-0,8600 dan resistance di 0,8650-0,8690.



Video Pilihan

TERBARU

×