kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Marketing Sales Emiten Properti: SMRA, CTRA dan MTLA Kompak Naik


Minggu, 30 Juli 2023 / 16:35 WIB
Marketing Sales Emiten Properti: SMRA, CTRA dan MTLA Kompak Naik
ILUSTRASI. Metland?Hotel di Cirebon. Marketing Sales Emiten Properti: SMRA, CTRA dan MTLA Kompak Naik.


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Beberapa emiten yang bergerak di bidang properti mencatatkan peningkatan pra-penjualan atau marketing sales pada semester 1 2023.

Yang pertama adalah PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) yang berhasil mencatatkan marketing sales sebesar Rp 1,6 triliun. Perolehan tersebut setara 32% dari target SMRA tahun 2023 sebesar Rp 5 triliun.

Pencapaian ini terdiri dari penjualan produk rumah sebesar 58%, ruko 28%, kavling 7%, serta apartemen dan komersial 7%. Pada semester II/2023, SMRA masih meluncurkan beberapa produk rumah dan komersial.

Baca Juga: Alam Sutera (ASRI) Proyeksi Okupansi Mall Alam Sutra Capai 75% di Kuartal IV-2023

Kemudian ada PT Ciputra Development Tbk (CTRA) yang mencatatkan marketing sales Rp 5,1 triliun pada semester I 2023. Raihan tersebut memenuhi 57% dari target di tahun 2023 sebesar Rp 8,9 triliun.

Head of Investor Relation CTRA Aditya Ciputra Sastrawinata mengatakan, angka tersebut mengalami peningkatan 27% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

 

“Pencapaian tersebut didorong oleh penjualan pada segmen produk perumahan dan juga dibantu oleh kondisi suku bunga KPR yang kondusif,” ujarnya kepada Kontan, Senin (17/7).

Di semester pertama, CTRA melakukan beberapa launching produk perumahan dan ruko. Launching di semester pertama ini memberikan kontribusi Rp 2,4 triliun marketing sales dari penjualan 1.379 unit properti. Aditya memaparkan, segmen rumah tapak dan ruko masih menjadi pilar penting kinerja Ciputra. 

Baca Juga: Hingga Akhir Tahun, Indonesia Paradise (INPP) Optimis Revenue Bisa Tumbuh 20%-30%

Kedua segmen itu menyumbang 95% dari total marketing sales di semester I dengan pertumbuhan 33% secara tahunan untuk rumah tapak dan 15% untuk ruko. 

Peningkatan ini juga diikuti oleh PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) yang membidik marketing sales tahun 2023 sebesar Rp 1,8 triliun. Jumlah tersebut sama seperti target yang dibuat MTLA di tahun 2022 silam.

Hingga Juni 2023, marketing sales MTLA mencapai Rp 756 miliar atau sekitar 42% dari target.

Direktur Metropolitan Land, Olivia Surodjo, mengatakan, MTLA melakukan beberapa strategi yang dilakukan hingga akhir tahun untuk mencapai target tersebut.

“Untuk mencapai target tersebut, kami melakukan peluncuran tipe atau klaster baru di hampir semua proyek yang sedang berjalan,” ujarnya kepada Kontan, Senin (10/7).

Baca Juga: Intiland (DILD) Menilai Keberadaan Jalan Tol Bisa Mengerek Harga Properti

Kinerja semester II dari MTLA dipenuhi dari proyek residensial berjalan dan penjualan dari proyek baru Metland Cikarang. 

Selain itu, MTLA juga menyelenggarakan program penjualan bersama Metland Belanja Properti periode 11 Juli - 11 Oktober 2023. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan dalam format hybrid online dan offline. 

“Di dalam program tersebut, Metland memberikan informasi kepada masyarakat yang ingin memiliki rumah di Metland, seperti kemudahan biaya-biaya surat dan KPR,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×