kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Market global: Bursa AS menembus rekor baru, harga emas tertekan ke US$ 1.480


Senin, 23 Desember 2019 / 06:06 WIB
Market global: Bursa AS menembus rekor baru, harga emas tertekan ke US$ 1.480
ILUSTRASI. Trader tengah bekerja di New York Stock Exchange (NYSE). REUTERS/Brendan McDermid

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bursa saham global masih terus melanjutkan reli pada akhir pekan lalu, Jumat (20/12). Asal tahu saja, indeks MSCI global mencatatkan kenaikan 0,33% ke rekor tertingginya. Pun demikian dengan tiga indeks Wall Street yang juga mencatatkan rekor.  

Melansir data yang dirilis Reuters, indeks S&P 500 menembus rekor baru dengan kenaikan 0,49% menjadi 3.221,22. Sementara, indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,28% menjadi 28.455,09 dan indeks Nasdaq Composite naik 0,42% menjadi 8.924,96. 

Kondisi itu disokong oleh data pertumbuhan ekonomi AS yang kuat. Berdasarkan data yang dirilis Departeen Perdagangan AS, produk domestik bruto (PDB) AS naik 2,1% di kuartal tiga atau sesuai ekspektasi analis. Sedangkan anggaran belanja konsumen dilaporkan lebih kuat ketimbang kuartal sebelumnya. 

Baca Juga: Wall Street dibuka pada rekor tertinggi sebagai buah dari optimisme perang dagang

Di sisi lain, Yousef Abbasi, global market strategist INTL FCStone Financial Inc di New York menambahkan, ada juga sentimen positif dari kesepakatan awal perdagangan AS-China serta langkah The Fed yang meningkatkan likuiditas jangka pendek di pasar repo. Sentimen ini menyebabkan aset-aset berisiko menanjak. 

"Kesepakatan perdagangan fase satu dan kebijakan The Fed mendongkrak market. Tidak ada sentimen lain yang merubah sentimen secara dramatis," jelasnya seperti yang dikutip Reuters

Sementara itu, bursa Eropa juga mengalami reli di mana indeks STOXX 600 Eropa naik 0,8%. Adapun indeks Frankfurt dan Paris mengalami kondisi serupa dengan mencatatkan kenaikan dalam volume transaksi yang minim. 

Baca Juga: Bursa Asia sedikit berubah di awal perdagangan Jumat, ini sentimennya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×