kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manulife AM luncurkan komik edukasi reksadana 'Si Juki'


Kamis, 24 Mei 2018 / 16:52 WIB
Manulife AM luncurkan komik edukasi reksadana 'Si Juki'
ILUSTRASI. PELUNCURAN KOMIK INVESTASI REKSADANA


Reporter: Grace Olivia | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Upaya PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) mengedukasi masyarakat mengenai investasi dan reksadana kian genar sepanjang tahun ini. Kali ini, MAMI meluncurkan komik edukasi finansial dan reksadana yang pertama di Indonesia. Ini hasil kerja sama dengan penerbit PT Elex Media Komputindo dan Pionicon.

Komik bertajuk "Si Juki VS Dompet Kosong" resmi meluncur pada Kamis (24/5), setelah digarap selama dua tahun terakhir.

Presiden Direktur MAMI Legowo Kusumonegoro mengatakan, komik ini bertujuan memberi edukasi mengenai reksadana yang lebih ringan, lebih menyenangkan, dan lebih mudah dimengerti kalangan generasi muda. Apalagi, jumlah masyarakat Indonesia yang paham dan menggunakan produk reksadana masih sangat minim.

“Hasil survei nasional literasi dan inklusi keuangan tahun 2016 yang dilakukan oleh OJK, masyarakat Indonesia yang paham pasar modal hanya 4,40% dan yang menggunakan produk pasar modal hanya 1,25%," ujarnya saat peluncuran komik di Manulife Learning Centre, Jakarta, Kamis (24/5).

Legowo menambahkan, komik Si Juki dipilih lantaran segmentasi dan jangkauan pembacanya yang cukup luas. Ia berharap, komik ini tidak hanya sekadar menghibur, melainkan juga memancing pembacanya mencari tahu lebih lanjut mengenai pengelolaan finansial dan produk investasi reksadana.

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito menyambut baik peluncuran komik edukasi ini. "Ini sejalan dengan misi kami juga. Belum lama ini, kami juga meluncurkan buku e-learning literasi keuangan untuk anak SD dan SMP," ujarnya.

Sang kreator ikon Si Juki sekaligus Creative Director Pionicon, Faza Meonk mengaku, proyek komik edukasi reksadana ini menjadi tantangan tersendiri baginya. "Soalnya, kami biasa membuat cerita yang muatannya komedi atau kritik sosial. Saya  jadi belajar soal investasi dan reksadana dalam proses pembuatan komik ini," ungkapnya.

Selain didistribusikan melalui seluruh outlet Gramedia, komik edukasi reksadana ini rencananya juga akan disumbangkan ke 29 universitas negeri yang tersebar di 20 provinsi. Dalam penyaluran donasi komik ini, MAMI menggandeng komunitas Karya Salemba Empat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×