kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandom memperkirakan kenaikan tipis penjualan jelang akhir tahun


Minggu, 25 November 2018 / 16:51 WIB
Mandom memperkirakan kenaikan tipis penjualan jelang akhir tahun
ILUSTRASI. Mandom Indonesia Tbk


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Akhir tahun disertai dengan liburan dipercaya bakal menumbuhkan konsumsi di tengah masyarakat. Namun tidak bagi produsen kosmetik dan personal care seperti PT Mandom Indonesia Tbk (TCID).

Alia Dewi, Sekretaris Perusahaan TCID menilai, lonjakan permintaan tidak terlalu tinggi menjelang Natal dan Tahun Baru kali ini. "Tampaknya konsumen lebih fokus pengeluaran leisure untuk liburan seperti traveling dan lainnya," ujarnya kepada Kontan.co.id, Sabtu (24/11).

Ketimbang berharap di peak season kali ini, Mandom lebih positif bahwa tahun 2019 daya beli dapat terkerek dengan penyelenggaraan pemilihan umum. TCID optimistis tahun depan sektor kosmetik ini dapat meraih keuntungan yang signifikan dengan bertumbuhnya daya beli tersebut.

"Harapannya demikian, karena biasanya lebih banyak uang beredar jadi diharapkan konsumen punya uang lebih untuk dibelanjakan," urai Alia. Mandom mencatat penurunan kinerja sepanjang kuartal III tahun ini.

Kinerja Mandom masih tertekan di kuartal ketiga dari sisi penjualan maupun laba bersih. Dalam laporan keuangan kuartal ketiga 2018, TCID mencatat penjualan bersih sebesar Rp 2,05 triliun atau turun 1,35 % ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 2,08 triliun.

Penurunan terpicu pelemahan penjualan lokal 6,06% dari sebelumnya Rp 1,6 triliun menjadi Rp 1,5 triliun. Padahal penjualan ekspor meningkat 11,8% dari Rp 498,31 miliar menjadi Rp 557,11 miliar.

Sementara itu, beban pokok penjualan tercatat meningkat dari Rp 1,3 triliun menjadi Rp 1,32 triliun. Alhasil, laba bersih periode berjalan perusahaan tercatat Rp 150,33 miliar atau turun 6,99% dari sebelumnya Rp 161,63 miliar.

Meski demikian, Mandom terus menggenjot kinerjanya. Perusahaan barang konsumer ini akan mengeluarkan beberapa produk baru baik dari Pixy maupun Gatsby dan diharapkan bisa mendukung perbaikan kinerja ke depannya. "Untuk kuartal IV akan ada launching produk baru, tapi saya belum bisa share karena produk belum keluar," terang Alia.

Produk baru, disertai peningkatan aktivitas promosi menjadi cara Mandom menjawab tantangan ke depan yang ada pada konsumen dan kompetisi di pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×