Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) tahun ini akan meningkatkan penjualan ekspor. Asal tahu saja, kontribusi ekspor sejak tiga tahun terakhir tercatat mengalami penurunan. Oleh karena itu, perusahaan akan menggenjot ekspor pada tahun ini.
Dalam keterbukaan informasi, sepanjang tahun lalu kontribusi ekspor mencapai 23,7%. Padahal pada tahun 2015 tercatat ekspor mencuil 30,4% dan pada 2016 masih 25,7%.
Effendi Tandi, Direktur PT Mandom Indonesia Tbk dalam keterbukaan informasi menyampaikan dua pasar ekspor yakni Malaysia dan India mengalami pertumbuhan. Pasar India, tumbuh 24,5% yang dikontribusi oleh produk hair styling khususnya Gatsby Hair Wax dan Gatsby Hair Gel.
Pasar Malaysia mencatat pertumbuhan double digit yang dikontribusikan oleh Gatsby Styling Pomade dan penjualan Pixy. Namun untuk pasar Timur Tengah terganggu oleh gejolak politik serta regulasi yang sulit dan persaingan produk murah dan palsu.
"Strategi meningkatkan penjualan ekspor ke negara-negara Mandom Group dan memperkenalkan lebih banyak produk yang sukses di domestik ke negara yang memiliki karakter yang sama dengan Indonesia," ujar Effendi dalam keterbukaan informasi, Rabu (11/4).
Asal tahu saja, sepanjang tahun lalu kontribusi produk perawatan rambut mencapai atau Rp 1,25 triliun atau setara 46%, sedangkan untuk perawatan kulit dan make up mencapai Rp 906,98 miliar atau 33,5% dan produk wewangian mencapai Rp 523,29 miliar atau19,3% sedangkan yang lainnya Rp 28,97 miliar atau 1,2%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News