kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manajer investasi optimistis kinerja reksadana saham akan membaik


Minggu, 26 Januari 2020 / 16:43 WIB
Manajer investasi optimistis kinerja reksadana saham akan membaik
ILUSTRASI. Reksadana saham tercatat sebagai produk reksadana dengan kinerja terburuk sepanjang 2019.


Reporter: Muhammad Kusuma | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reksadana saham tercatat sebagai produk reksadana dengan kinerja terburuk sepanjang 2019. Di sisi lain, reksadana pendapatan tetap tercatat sebagai produk dengan return terbaik berkat derasnya laju investasi ke surat utang negara (SUN).

Meski begitu, Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana memproyeksikan, kinerja reksadana saham akan membaik tahun ini. Menurut Wawan, kinerja reksadana saham akan membaik seiring proyeksi pertumbuhan IHSG sebesar 9% hingga akhir tahun. Dengan adanya peningkatan kinerja IHSG, reksadana saham juga akan menunjukkan peningkatan performa.

Katalis positif lainnya adalah kebijakan Bank Indonesia (BI) untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan 5% dan bunga deposito 4,5%. Suku bunga rendah dapat menjadi pemantik stabilitas pertumbuhan perekonomian negara di atas 5%. Selain itu, rendahnya suku bunga diharapkan meningkatkan aliran dana dalam negeri.

Baca Juga: Reksadana saham turun lebih besar daripada IHSG, ini kata manajer investasi

Direktur PT Panin Asset Management Rudiyanto turut mengatakan, kinerja reksadana saham dapat membaik tahun ini. “Tahun 2020 dapat menjadi tahun pemulihan bagi reksadana saham,” kata Rudiyanto, kepada Kontan.co.id, Minggu (26/1).

Sentimen negatif tahun lalu telah mencapai resolusi pada awal tahun ini seperti, isu perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Kedua negara telah menandatangani kesepakatan dagang tahap pertama pada 15 Januari lalu.

Rudiyanto menambahkan, saat ini Indonesia sudah berjalan menjauh dari masa pilpres sehingga tensi politik dalam negeri juga mengurang. Alhasil, kinerja perekonomian dalam negeri akan meningkat.

Baca Juga: Terkait Jiwasraya, saudara Benny Tjokro diperiksa Kejagung hari ini

Dari dalam negeri, undang-undang omnibus law yang sedang dirancang pemerintah turut menjadi stimulus bagi pasar saham dalam negeri. “Ekonomi akan pulih secara bertahap. Harga saham pun perlahan membaik. Pemulihannya memang membutuhkan waktu,” tandas Rudiyanto.

Baik Wawan dan Rudiyanto menargetkan dana kelolaan seluruh sektor reksadana meningkat tahun ini. Wawan memperkirakan tahun ini dana kelolaan industri reksadana saham akan meningkat 8% mencapai Rp 148 triliun ditopang oleh pertumbuhan aset dan subscription yang baru. Sedangkan, Rudiyanto menargetkan dana kelolaan Panin mencapai Rp 15 triliun atau naik 19,04% dari dana kelolaan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×