kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mal kembali dibuka, emiten ritel segmen menengah atas lebih diuntungkan


Rabu, 24 Juni 2020 / 23:24 WIB
Mal kembali dibuka, emiten ritel segmen menengah atas lebih diuntungkan
ILUSTRASI. Pengunjung di salah satu gerai Sport Station di Kawasan Depok


Reporter: Kenia Intan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki kenormalan baru sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mulai di buka kembali sejak pekan lalu, tepatnya 15 Juni 2020. Berdasar penelusuran Kontan.co.id, sebanyak 80 mal kembali beroperasi. 

"Kami perhatikan, pengunjung dengan pendapatan menengah-atas masih membelanjakan untuk hal-hal yang tidak pokok. Sementara pengunjung dengan pendapatan menengah-bawah tampak enggan membelanjakan untuk hal-hal tidak penting," jelas Head of Research Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Selasa (23/6). Adapun pengamatan tersebut dilakukan di sejumlah mal di wilayah Jakarta. 

Baca Juga: Pertimbangkan likuiditas, Mitra Adiperkasa (MAPI) tak merealisasikan buyback

Asal tahu saja, pengamatan pengunjung dengan pendapatan menegah-atas dilakukan di mal Cental Park dan Kota Kasablanka. Terlihat di kedua mal itu kondisi mulai membaik secara bertahap. Berdasarkan pengamatan, jumlah pengunjungnya mencapai 60% hingga 70% dibanding sebelum Covid-19. 

Pengunjung juga mulai berbelanja pada barang-barang yang tidak pokok seperti keperluan olahraga, tas, alat elektronik, dan pakaian. Bahkan, pengunjung rela mengantri untuk memasuki berbagai gerai seperti  Zara, Sports Stations, H&M, Erafone, Apple Store, dan Pull & Bear. 

"Kami pikir MAPI, sebagai emiten dengan target produk segmen menengah-atas diuntungkan dengan orang-orang menengah-atas yang kembali berbelanja"  imbuh Hariyanto. 

Akan tetapi, salah satu gerai emiten di mal kalangan menengah-atas, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya masih memerlukan waktu untuk melakukan pengamatan lebih lanjut. Sebab, pembukaan kembali mal baru berlangsung sekitar satu minggu. 

"Kami perlu lebih banyak waktu untuk observasi," jelas Sekretaris Perusahaan PT Ace Hardware Indonesia Tbk Helen Tanzil ketika dihubungi Kontan.co.id, Rabu (24/6). 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×