kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

MAGP dapat lampu hijau untuk jaminkan aset


Sabtu, 18 Agustus 2018 / 09:00 WIB
MAGP dapat lampu hijau untuk jaminkan aset

Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Multi Agro Gemilang Plantation Tbk (MAGP) mendapat persetujuan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk menjaminkan aset demi memperoleh pinjaman. Harapannya, dana pinjaman bisa menutup kebutuhan dana operasional perseroan ini.

Corporate Secretary MAGP Aldo Yuliardy menyatakan pinjaman diharapkan mampu menggenjot kinerja keuangan serta optimalisasi perkebunan serta pabrik kelapa sawit. MAGP sedang kekurangan dana untuk operasional lahan dan pabrik. "Kalau mengincar berapa dananya kami belum tahu. Tetapi kami membutuhkan Rp 200 miliar dalam waktu dekat," terang Aldo.

Hingga kini MAGP masih menjajaki beberapa calon kreditur, baik dari pihak bank maupun non-bank. Yang jelas, kreditur tersebut nantinya akan mendapatkan perkebunan dan kelapa sawit perusahaan sebagai jaminan.

Sekadar info, MAGP memiliki total lahan hak guna usaha seluas 9.873 hektare (ha). Lahan yang telah ditanami mencapai 6.804 ha. Sementara untuk pabrik, MAGP mengoperasikan satu pabrik dengan kapasitas 45 ton per jam.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menyebut bahwa langkah yang diambil manajemen MAGP ini berisiko, karena melibatkan pemegang saham. "Jika nanti tidak mampu mengembalikan akan jadi masalah," ujar William.

Apalagi perusahaan ini masih membukukan kerugian dan harga sahamnya yang stagnan di Rp 50. Dus, MAGP tidak direkomendasikan untuk jangka panjang.

Namun, untuk jangka pendek, William melihat ada potensi sedikit penguatan dengan target harga Rp 53 hingga Rp 57 per saham.




TERBARU

Close [X]
×