Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini
KONTAN.CO.ID - Sejak resmi merger pada 27 Maret 2024, Tokopedia dan TikTok Shop terus menghadirkan inovasi untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM Indonesia, khususnya para seller. Terbaru, kedua platform lokapasar ini berkolaborasi meluncurkan seller center yang terintegrasi.
Seller center tersebut memungkinkan penjual mengelola toko di Tokopedia dan TikTok Shop hanya dari satu dashboard. Tanpa perlu berpindah platform, seller dapat mengatur operasional tokonya dengan lebih efektif dan efisien.
Dengan integrasi ini, seller TikTok Shop dapat menjangkau pasar yang semakin luas dengan memanfaatkan ekosistem Tokopedia. Di sisi lain, seller Tokopedia juga dapat memperluas visibilitas dan audiens toko dengan memanfaatkan ekosistem affiliator dari TikTok.
“Selain itu, seller bisa meningkatkan kredibilitas merek karena jumlah produk terjual, rating dan ulasan dari kedua platform akan disinkronisasi. Seller juga bisa memanfaatkan program afiliasi dan berbagai fitur yang terintegrasi untuk meningkatkan penjualan,” jelas Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications for Tokopedia and TikTok E-commerce, dalam keterangan resmi.
Bila kredibilitas seller meningkat, peluang untuk mendorong angka penjualan juga semakin besar. Terlebih, saat ini jumlah konten kreator TikTok telah mencapai 8 juta, sedangkan pengguna Tokopedia dan TikTok Shop tercatat sekitar 200 juta.
Tak hanya seller yang diuntungkan, pembeli pun akan memperoleh manfaat dari integrasi seller center ini.
“Inovasi ini di sisi lain memungkinkan pembeli mengakses makin banyak pilihan produk. Pertimbangan untuk membeli pun menjadi makin mudah karena ulasan produk makin lengkap, beragam dan transparan,” ujar Aditia.
Agar pengalaman lebih mulus, seller perlu memperhatikan sejumlah hal penting. Di antaranya, seller dapat mengajukan kualifikasi merek jika menjual produk bermerk. Caranya, cukup unggah sertifikasi atau Surat Otorisasi jika toko merupakan reseller. Beberapa penjual juga bisa mengunggah Bukti Pembelian sebagai alternatif.
Saat menambahkan produk, seller perlu cermat memilih kategori produk yang tepat. Memilih kategori yang benar membantu pelanggan menemukan produk dengan lebih mudah, jadi pastikan untuk mengeceknya sebelum mengunggah daftar produk.
Tak kalah penting, seller juga harus menjaga Tingkat Kecepatan Pengiriman (Fast Dispatch Rate) yang tinggi untuk meningkatkan Rating Toko. TikTok Shop by Tokopedia memberikan keuntungan bagi penjual berkinerja tinggi, jadi seller perlu berupaya memenuhi batas waktu Tingkat Kecepatan Pengiriman. Rating Toko yang tinggi membuka akses ke program eksklusif dan berbagai manfaat bagi penjual.
Seluruh manfaat tersebut dapat dinikmati seller dengan mengelola toko secara terintegrasi melalui Tokopedia dan TikTok Shop. Ingin bisnis Anda berkembang lebih optimal? Segera akses Tokopedia & TikTok Shop Seller Center sekarang.
Selanjutnya: 5 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik agar Tetap Aman dan Nyaman
Menarik Dibaca: 5 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik agar Tetap Aman dan Nyaman
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News