kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lindungi Nilai Aset Saat Pasar Volatil dengan Deposito Bunga 5,88% p.a


Selasa, 18 April 2023 / 13:22 WIB
Lindungi Nilai Aset Saat Pasar Volatil dengan Deposito Bunga 5,88% p.a


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Portofolio investasi perlu rutin ditinjau, terlebih saat pasar sedang volatil. Investor bisa mengalihkan aset ke instrumen rendah risiko, seperti deposito, untuk mengamankan nilai aset.

Kinerja sejumlah instrumen investasi seperti saham dipengaruhi naik turunnya kondisi ekonomi. Seperti dilansir Kontan.co.id, kinerja IHSG selama kuartal I/2023 turun sebanyak 0,66%. Hal ini disebabkan oleh gejolak ekonomi global yang terjadi selama kuartal I tahun 2023.

Untuk mengevaluasi kinerja portofolio investasi, investor perlu melihat tujuan berinvestasi dan karakteristik risiko yang dimiliki. Jika Anda ingin menginvestasikan aset untuk tujuan jangka pendek, namun tidak ingin nilai aset berkurang, tempatkan sebagian besar investasi dalam instrumen yang minim risiko. Misalnya, Anda bisa menyusun portofolio investasi 80% pada instrumen deposito dan sisa 20% pada obligasi.

Guna mengoptimalkan keuntungan, pilih deposito yang memberikan bunga lebih tinggi. Saat ini merupakan momen yang tepat untuk berinvestasi dalam deposito karena perbankan sedang giat menaikkan bunga deposito, menyesuaikan kebijakan kenaikan suku bunga acuan.

Dengan bunga yang kompetitif, kinerja deposito bahkan bisa menyaingi instrumen investasi lainnya. Sebagai contoh, kinerja instrumen obligasi pemerintah di kuartal I/2023 naik 2,44% dan kinerja obligasi korporasi naik 2,17%. Sementara itu, kinerja dolar Amerika Serikat terhadap rupiah naik 3,80% selama tiga bulan terakhir.

Cermati produk deposito yang memberikan bunga melebihi kinerja instrumen investasi lainnya. Beberapa produk deposito juga memberikan reward tambahan untuk nasabahnya. Ini dapat Anda manfaatkan untuk menambah pundi-pundi cuan dari deposito.

Bunga deposito lebih tinggi

Anda yang sedang mencari produk deposito aman dan menguntungkan, bisa memilih program Deposito Fantastis dari J Trust Bank. Program ini adalah salah satu program deposito yang menawarkan bunga deposito kompetitif dan reward bagi nasabah baru. Jika tertarik mengikuti program Deposito Fantastis, nasabah menempatkan dana minimum Rp5 miliar untuk mendapatkan bunga sebesar 5,88% per tahun (p.a).

Nasabah dapat memilih tenor deposito 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan. Selain bunga deposito yang atraktif, nasabah juga akan memperoleh reward berupa cashback yang diberikan pada awal penempatan deposito.

Ilustrasi program Deposito Fantastis dapat dilihat dalam tabel berikut.

Nominal

Tenor

Suku bunga

Cashback (nett)

Rp5.000.000.000

1 bulan

5,88% p.a

Rp400.000

Rp5.000.000.000

3 bulan

5,88% p.a

Rp3.600.000

Rp5.000.000.000

6 bulan

5,88% p.a

Rp12.320.000

Nasabah yang ingin mengikuti program Deposito Fantastis perlu mengetahui bahwa hasil bunga akan dikenakan pajak 20% sesuai aturan berlaku. Selain itu, nilai reward diperhitungkan dalam besaran suku bunga penempatan deposito. Jadi dalam hal ini, penjaminnya adalah J Trust Bank karena nilai bunga deposito secara total melebihi ketentuan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Hal lain yang perlu diperhatikan, program Deposito Fantastis tidak bisa dicairkan sebelum jatuh tempo. Jika nasabah melakukannya, akan dikenakan penalti berupa pemberlakuan suku bunga menjadi 2% per tahun yang dihitung sejak awal penempatan deposito. Nilai reward yang sudah diterima pun harus dikembalikan lagi, dipotong dari deposito yang ditempatkan. Karena itu, pertimbangkan dahulu jika ingin mencairkan deposito sebelum jatuh tempo.

Program Deposito Fantastis ini hanya ditawarkan dalam periode terbatas, yaitu hingga 30 Juni 2023. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan menarik ini dan segera ikuti programnya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, mengakses www.jtrustbank.co.id atau hubungi Ask J 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×