kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba Kuartal III-2023 Tembus Rp 1 Triliun, Analis Rekomendasi Beli Saham Blue Chip


Kamis, 23 November 2023 / 07:21 WIB
Laba Kuartal III-2023 Tembus Rp 1 Triliun, Analis Rekomendasi Beli Saham Blue Chip
ILUSTRASI. Laba Kuartal III-2023 Tembus Rp 1 Triliun, Analis Rekomendasi Beli Saham Blue Chip


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Analis rekomendasi beli saham blue chip EXCL dari PT XL Axiata Tbk. Harga saham blue chip EXCL sedang tren melemah. Namun, prospek saham ini cerah karena perusahaan memiliki kinerja yang solid.

Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) mampu mempertahankan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih yang solid sepanjang periode Januari–September 2023. 

Melansir laporan keuangan per kuartal III-2023, laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk EXCL naik 2,99% secara tahunan atau year on year (YoY) menjadi Rp 1,01 triliun dari Rp 981 miliar.  

Pertumbuhan ini ditopang oleh lonjakan top line XL Axiata. Per 30 September 2023, pendapatan EXCL mencapai Rp 23,86 triliun atau meningkat 10,19% YoY dari Rp 21,59  triliun. 

Pada perdagangan Rabu 22 November 2023, harga saham EXCL ditutup stagnan di level 2.070. Namun dalam perdagangan 5 hari terakhir, harga saham EXCL terakumulasi melemah 80 poin atau 3,72%.

Sepanjang tahun 2023, harga saham EXCL sempat mendaki ke level 2.500-an pada September lalu. Namun sejak saat itu, harga saham EXCL terus melemah. Sepanjang tahun berjalan ini, EXCL sudah turun 3,27%.

 

Dengan tren pelemahanan itu, analis melihat sebagai peluang untuk masuk ke saham EXCL. Saham EXCL termasuk saham blue chip di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Saham blue chip adalah saham lapis satu di bursa yang biasanya memiliki kapitalisasi pasar besar, mencapai puluhan triliun hingga ratusan triliun rupiah.

Salah satu rekomendasi beli saham EXCL disampaikan oleh Nafan Aji Gusta, Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas. Nafan merekomendasikan akumulasi saham EXCL dengan support di Rp 2.000 dan resistance Rp 2.290. 

Nafan mencermati secara teknikal EXCL terlihat pola bullish doji star candle. "Ini mengindikasikan adanya potensi stimulus beli didukung indikator RSI yang menunjukkan sinyal positif," jelas dia.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Adityo Nugroho menambahkan kinerja EXCL per kuartal III-2023 masih cukup solid dengan pertumbuhan pendapatan. 

Baca Juga: Layanan Konvergensi Tumbuh Subuh, XL Axiata (EXCL) Genjot Segmen FBB dan FMC

Jika dicermati bisnis utama telekomunikasi EXCL mulai berkontraksi, tapi XL Axiata terus mencari peluang yang baru. Hal ini membutuhkan dana investasi yang besar. 

"Untuk perusahaan telekomunikasi memang perlu investasi yang mahal, tetapi kalau bisa cetak margin yang tinggi adalah hal yang bagus," kata Adityo dalam paparan, Rabu (22/11). 

Adityo bilang secara valuasi EXCL masih cukup atraktif jika menggunakan indikator price to book value (PBV) dibandingkan perusahaan serupa. Adapun PBV EXCL berada di posisi 1,3 kali. 

Indikator return on asset (ROA) dan return on equity (ROE) EXCL masing-masing berada di level 3,5% dan 7,8%. Sementara debt to equity ratio (DER) EXCL mencapai 1,2 kali. 

Itulah rekomendasi saham blue chip EXCL untuk perdagangan hari ini, Kamis 23 November 2023. Artikel ini bukan meminta Anda untuk membeli saham tertentu. Segala keputusan pembelian dan penjualan saham menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×