kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,78   15,16   1.81%
  • EMAS1.355.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba Eagle High Plantations (BWPT) Melesat 159% pada Kuartal I-2024, Ini Pemicunya


Minggu, 26 Mei 2024 / 16:16 WIB
Laba Eagle High Plantations (BWPT) Melesat 159% pada Kuartal I-2024, Ini Pemicunya
ILUSTRASI. Suasana kantor PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT) di Jakarta. Laba Eagle High Plantations (BWPT) Melesat 159% pada Kuartal I-2024, Ini Pemicunya.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT) berhasil meraih laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk alias laba bersih sebesar Rp 47,49 miliar pada kuartal I-2024. 

Raihan laba bersih tersebut meningkat 159,95% secara tahunan atau year on year (yoy) dari sebelumnya Rp 18,27 miliar di kuartal pertama tahun 2023. 

Corporate Secretary Eagle High Plantations, Rizka Dewi, mengatakan, faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan laba bersih BWPT adalah berkat konsistensi serta fokus BWPT pada produktivitas tanaman dan pabrik kelapa sawit serta efisiensi biaya-biaya. 

“BWPT selalu memastikan kualitas produk dengan baik agar profitabilitas tetap terjaga,” ungkap Rizka, kepada Kontan.co.id, Jumat (24/5). 

Baca Juga: BWPT Hadirkan Warung Murah, Klinik, dan Sekolah Gratis Agar Pekerja Semakin Betah

BWPT juga mengurangi pembelian buah dari luar dan mengoptimalkan buah dari dalam, sehingga kualitas buah terjamin. 

Selain itu, hutang bank terus menurun sehingga menyebabkan beban bunga juga ikut turun. Faktor-faktor tersebut disebut sangat efektif meningkatkan kinerja keuangan BWPT. 

 

Di sisi lain, BWPT pun telah memperoleh peringkat idA-/Stable dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) atas data dan informasi yang telah disampaikan serta Laporan Keuangan Audit per 31 Desember 2023. 

“Hasil peringkat tersebut mencerminkan profil pengelolaan operasional BWPT yang kuat, fleksibilitas finansial yang relatif kuat,” ujarnya. 

Sedangkan dari sisi pendapatan, pendapatan usaha BWPT tercatat sebesar Rp 943,36 miliar atau lebih rendah 9,80% yoy dibandingkan Rp 1,04 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Berkat Sejumlah Langkah Strategis, BWPT Cetak Kenaikan Laba Bersih 3 Kali Lipat

Pendapatan tersebut didominasi oleh minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) sebesar Rp 868,54 miliar. Kemudian disusul oleh pendapatan inti kernel Rp 65,28 miliar, serta tandan buah segar (TBS) senilai Rp 9,53 miliar. 

Manajemen BWPT mengincar kenaikan laba bersih dua digit pada tahun ini. Melihat performa pada kuartal pertama, pihaknya meyakini target tersebut akan tercapai di akhir tahun nanti. 

“Dengan pencapaian Kuartal I yang solid, BWPT optimis target double digit tahun 2024 ini dapat tercapai,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×