kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba Bersih Austindo Nusantara Jaya (ANJT) Melesat 261,9% pada Kuartal I 2022


Senin, 09 Mei 2022 / 20:55 WIB
Laba Bersih Austindo Nusantara Jaya (ANJT) Melesat 261,9% pada Kuartal I 2022
ILUSTRASI. Panen kelapa sawit PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT).


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten perkebunan dan pengolahan sawit PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) mencatatkan kenaikan laba bersih hingga 261,9% year on year (yoy) menjadi US$ 11 juta pada kuartal pertama 2022. Peningkatan signifikan tersebut didorong oleh kenaikan harga jual rata-rata crude palm oil (CPO) dan palm kernel (PK).

Faktor ini juga membuat EBITDA ANJT pada kuartal pertama 2022 naik menjadi US$ 23,7 juta, dari US$ 12,9 juta pada kuartal pertama 2021. Sejalan dengan itu, margin EBITDA terkerek dari 21,9% menjadi 31,4%.

Selama kuartal pertama 2022, ANJT memproduksi tandan buah segar (TBS) sebanyak 173.339 MT. Perkebunan Papua Barat yang baru mulai masuk tahap produksi komersial di tahun 2020 menyumbang 15% dari total produksi dengan kenaikan produksi hampir 40% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021.

Baca Juga: Prospek Bisnis ANJT Terkerek Harga CPO dan Produktivitas Tanaman Sawitnya

Direktur Utama ANJT Lucas Kurniawan mengatakan, berdasarkan survei lapangan terhadap potensi buah, produksi TBS dari perkebunan Sumatra Utara II dan Kalimantan Barat diperkirakan akan meningkat pada bulan-bulan berikutnya di 2022.

"Untuk mencapai pertumbuhan positif dalam beberapa tahun ke depan, kami akan memprioritaskan keseimbangan profil usia tanaman kelapa sawit dengan tetap mempertahankan profitabilitas dan arus kas melalui strategi penanaman kembali (replanting) terutama di perkebunan Pulau Belitung dan perkebunan Sumatra Utara I,” kata Lucas dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/5).

Lebih lanjut, keberhasilan ANJT di kuartal I-2022 juga didukung oleh peningkatan pendapatan dari penjualan tepung sagu serta edamame segar dan beku yang masing-masing meningkat sebesar 78% dan 175%. Peningkatan tersebut didorong oleh kenaikan volume penjualan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: ANJT Optimistis Volume Produksi dan Penjualan akan Tumbuh di Tahun Ini

Lucas menjelaskan, kinerja positif pada kuartal pertama 2022 ditopang oleh upaya ANJT membangun fundamental aspek keberlanjutan dan penerapan prinsip ESG yang kuat secara konsisten. Sejak 2012 , ANJT telah menjalankan sejumlah proyek mitigasi perubahan iklim yang mengintegrasikan inisiatif ESG dengan strategi bisnis dengan tujuan mengurangi dampak risiko perubahan iklim.

Selain itu, ANJ baru saja menyelesaikan road map mencapai net-zero carbon yang ditargetkan tercapai pada tahun 2030. Menurutnya, ANJT berupaya untuk meningkatkan produktivitas melalui inovasi agronomi yang mengutamakan perhatian kepada unsur ramah lingkungan seperti penerapan pupuk organik (kompos) dalam skala lebih besar, setelah sukses menerapkan pupuk organik pada dua perkebunan.

"ANJT juga akan melanjutkan inovasi lainnya seperti fertigasi, teknik penyerbukan dengan bantuan serangga penyerbuk kelapa sawit Elaeidobius kamerunicus, pengelolaan air, serta melakukan transformasi digital,” tutur Lucas.

Baca Juga: Ini Penyebab Kinerja Austindo Nusantara Jaya (ANJT) Cemerlang di 2021

Terobosan inovasi agronomi berupa pengelolaan dan penggunaan pupuk organik telah diterapkan ANJT sejak 2015. Hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk mencapai target ambisi penurunan emisi GHG dalam mencapai net-zero carbon di tahun 2030.

Inisiatif tersebut juga telah membantu mengurangi dampak kenaikan harga pupuk non-organik yang meningkat pesat karena krisis geopolitik di Ukraina. Dengan penggunaan pupuk organik, nilai biaya yang dihemat oleh ANJT diperkirakan dapat mencapai di atas US$ 10 juta dalam satu tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×