kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kurs EUR/USD terjegal memanasnya isu perang dagang AS-China


Minggu, 05 Agustus 2018 / 13:42 WIB
Kurs EUR/USD terjegal memanasnya isu perang dagang AS-China
ILUSTRASI. Kurs dollar AS - Euro eropa


Reporter: Michelle Clysia Sabandar | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Euro melemah terhadap rival utamanya yaitu dollar Amerika Serikat (AS). Dollar AS kembali menguat kembali hampir ke semua mata uang dunia setelah memanasnya isu perang dagang.

Menguti Bloomberg Jumat (3/8), euro tercatat melemah 0,15% terhadap dollar AS di level 1,1568.

Analis Rifan Financindo Berjangka, Puja Purbaya Sakti mengatakan penguatan dollar AS yang terus bertahan terhadap beberapa mata uang utama lainnya karena permasalahan perang dagang dimana ada usulan yang mengatakan untuk menaikan tarif impor terhadap China. "Munculnya ketidakpastian perdagangan yang ada dalam pikiran investor dianggap cukup membebani pikiran," katanya

Puja menganggap, euro juga gagal mengambil kesempatan ditengah pembalikan kurs dollar AS. Penutupan perdagangan kemarin dianggap mendekati level terendah selama lima minggu terakhir.

Padahal data ketenagakerjaan AS serta data nonfarm payrolls AS yang turun seharusnya bisa digunakan euro sebagai kesempatan untuk menguat. Rencana Bank of England (BoE) yang akan menaikan suku bunga juga dianggap sebagai sentimen negatif lain yang menekan harga Euro.

Dalam perdagangan minggu besok, akan banyak data ekonomi euro yang cukup penting yaitu indikator ekonomi Factory Orders MoM Juni Jerman dan indikator ekonomi Construction PMI Juli. Proyeksi dari kedua data ini memang dikatakan akan menurun dan hal ini akan semakin mengerek Euro untuk melemah dihadapan dollar AS.

Secara analisa teknikal, Puja melihat grafik daily dimana indikator Moving Average Exponential (EMA) melebar dengan arah kurs turun, kemudian pada Vortex Indicator (VI) dengan kondisi Red over blue yang melebar dimana arah kurs berpotensi untuk lanjutkan koreksi.

Selanjutnya pada indikator True Strengh Indicator (TSI) berada diarea -6 yang menunjukkan kurs kurang kuat turun. Secara umum EUR/USD masih berpotensi untuk lanjutkan koreksi pada perdagangan selanjutnya.

Puja merekomendasikan sell bila harga dibawah 1.1536. Sedangkan rentang perdagangan diperkirakan memiliki titik resistance 1.1608, 1.1645, 1.1690 dan titik support 1.1478, 1.1416, 1.1376.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×