kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kondisi Jepang, China dorong inflow ke Indonesia


Minggu, 14 Februari 2016 / 22:26 WIB
Kondisi Jepang, China dorong inflow ke Indonesia


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Kebijakan Bank Sentral Jepang (BoJ) untuk melakukan suku bunga negatif membuat aliran dana asing masuk ke Indonesia. Banyak investor menyerbu pasar modal di negara-negara emerging market disebabkan kebijakan tersebut.

Indonesia terkena imbasnya, sampai dengan pekan lalu dana asing yang masuk ke pasar modal Indonesia sudah mencapai Rp 1,5 triliun. Diprediksi sepanjang tahun ini, asing akan terus mencatatkan arus dana masuk di pasar modal Indonesia.

Hans Kwee, Direktur Investa Saran Mandiri mengatakan bahwa faktor kebijakan negara-negara maju terkait negative interest rate membuat dana asing keluar di pasar modal mereka dan masuk ke Indonesia. Investor lebih menyukai pasar Indonesia dengan positive interest rate yang dapat memberikan gain yang cukup menjanjikan bagi mereka.

"Saat ini, investor di negara yang interest ratenya rendah malah melakukan pinjaman dana dan bawa ke negata dengan positive interest rate seperti Indonesia," ujarnya pada KONTAN, Minggu (14/2).

Selain itu, Hans bilang penyebab meningkatnya dan asing yang masuk ke Indonesia ini juga adalah pelemahan ekonomi Tiongkok. Perlambatan ini memaksa investor yang selama ini menaruh modalnya disana untuk mencari negara-negara yang lebih menjanjikan.

"Tiongkok yang menjadi tujuan investasi besar selama ini kan ekonya melambat. Sehingga investor asing ramai-ramai bergerak ke emerging market yang lain seperti Indonesia," lanjutnya.

Secara jangka menengah dan panjang, dana asing diprediksi akan terus masuk ke pasar modal Indonesia. Hal ini didorong sentimen prositif dalam negeri melalui realisasi program-program pembangunan pemerintah dan kondusifnya pasar modal.

"Prospek masuknya dana asing tahun ini masih baik. Amerika setelah naikan suku bunga kemarin, juga akan naikan di bulan Maret ini. Tapi dana asing enggak outflow tuh, malah infllow akibat suku bunga di Jepang dan perlambatan ekonomi Tiongkok," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×