kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja Tahun Ini Diramal Positif, Analis Kompak Rekomendasikan Beli Saham ACES


Jumat, 22 Maret 2024 / 05:15 WIB
Kinerja Tahun Ini Diramal Positif, Analis Kompak Rekomendasikan Beli Saham ACES
ILUSTRASI. Pengunjung memilih produk yang ditawarkan di gerai ACE, Jakarta, Selasa (7/11/2023). (KONTAN/Baihaki)


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) diprediksi akan tetap mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif pada tahun 2024. Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Abdul Azis Setyo Wibowo mengatakan, pemulihan mobilitas serta konsumsi kelas menengah atas yang membaik bisa menjadi katalis positif bagi ACES. 

"Secara prospek ACES masih memiliki potensi mencatatkan pertumbuhan pada penjualan dan laba, mengingat pemulihan mobilitas serta konsumsi dari middle up yang membaik bisa menjadi katalis positif bagi ACES," ujar Azis kepada Kontan.co.id, Kamis (21/3).

Analis Bahana Sekuritas Chirstine Natasya juga memprediksi kinerja ACES akan bertumbuh positif pada tahun ini. Mengingat ACES telah mencapai Same Store Sales Growth (SSSG) yang mengesankan sebesar 15,3% secara year on year (YoY) pada Februari 2024. Kemudian, penjualan ACES pada Februari juga tumbuh sebesar 20% YoY.

"Secara kumulatif hingga Februari kemarin, penjualan ACES sejalan dengan perkiraan kami, membentuk run-rate sebesar 14,8% sepanjang tahun 2024," ujar Chirstine kepada Kontan.co.id, Kamis (21/3).

Baca Juga: Usai Rilis Hasil Pilpres dan Suku Bunga, Intip Strategi Investasi & Rekomendasi Ini

Menurut Chirstine, Manajemen ACES percaya bahwa kampanye tematik di bulan Februari, yang berpusat pada promosi bertema Imlek, cukup efektif dalam memanfaatkan musiman Tahun Baru Imlek. Selain itu, ACES telah berhasil mempromosikan STORA, merek pengatur penyimpanan yang handal dan berharga, sehingga memperkuat keberadaannya di pasar.

Lebih lanjut, dia memprediksi adanya peningkatan penjualan pada bulan Maret dan April 2024, karena didukung oleh belanja Ramadan yang dimulai pada pertengahan Maret ini dan berlanjut hingga April. Kemudian, juga didorong oleh libur Lebaran.

"Perlu dicatat bahwa jadwal pencairan THR ditetapkan pada 3 April 2024, diikuti dengan libur Idul Fitri, yang berlangsung dari 8 hingga 15 April 2024," kata dia.

Dalam riset tanggal 26 Januari 2024, Analis BRI Danareksa Sekuritas Natalia Sunsanto pun melihat, ACES masih akan bertumbuh positif di tahun ini. Seiring adanya peningkatan lalu lintas pengunjung ke toko-toko secara tahunan, sehingga manajemen berharap momentum ini akan terus berlanjut, ditambah dengan adanya sentimen puasa Ramadan dan Lebaran Idul Fitri.

Tak hanya itu, pada Desember 2023, Natalia bilang, penjualan bulanan ACES mencapai Rp 813 miliar atau naik 6,6% YoY. Sedangkan untuk pendapatan sepanjang tahun 2023 sebesar Rp 7,5 triliun atau naik 12,3% YoY.

Natalia menyampaikan, positifnya kinerja ACES pada tahun ini, juga didorong oleh program ekspansi gerai yang kerap kali dilakukan. Pada bulan Desember 2023, ACES membuka gerai baru di Lampung dan Jatiwaringin.

Secara keseluruhan, ACES membuka 13 gerai baru dan menutup delapan gerai toko baru pada tahun 2023, sehingga total toko yang dimiliki ACES adalah 233 toko per 23 Desember.

Sementara pada tahun 2024, ACES menargetkan akan membuka sembilan toko baru di luar Pulau Jawa. ACES melihat, toko-toko di luar Jawa memiliki tingkat profitabilitas yang lebih tinggi karena membutuhkan gaji dan biaya investasi yang lebih rendah sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Lemahnya Daya Beli Masih Menghantui, Begini Rekomendasi Saham UNVR dari Analis

Selain itu, ACES berencana merenovasi 50 tokonya pada tahun 2023-2025. Sepanjang tahun 2023, ACES merenovasi sepuluh toko dan akan merenovasi 20 toko pada tahun 2024. 

Renovasi toko terbukti mendorong kenaikan trafik karena toko-toko baru ACES memungkinkan konsumen untuk dengan mudah melihat semua barang dagangan, dibandingkan dengan model tumpuk tinggi sebelumnya.

Kemudian, ACES kini juga menghadirkan strategi promosi baru dengan diskon promosi terperinci yang berkelanjutan, dari sebelumnya promosi Boom Sales. Setiap minggunya, ACES akan menawarkan diskon untuk produk yang berbeda-beda. 

Ketiga analis ini merekomendasikan buy ACES dengan target harga yang berbeda-beda. Azis menetapkan target harga Rp 930 per saham, Chirstine Rp 1.110 dan Natalia Rp 920 per saham. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×