kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,08   -0,94   -0.10%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah Analis Kompak Rekomendasikan Beli Saham Mayora (MYOR), Ini Alasannya


Jumat, 13 Oktober 2023 / 14:46 WIB
Sejumlah Analis Kompak Rekomendasikan Beli Saham Mayora (MYOR), Ini Alasannya
ILUSTRASI. Sejumlah produk PT Mayora Indah Tbk . KONTAN/Daniel Prabowo/22/04/2008


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja bisnis dan saham PT Mayora Indah Tbk (MYOR) ke depannya akan didukung oleh sejumlah sentimen. Analis Phillip Sekuritas Helen Vincentia mengatakan, sentimen pendukung tersebut di antaranya adalah pemulihan pasar ekspor, penjajakan pasar baru, peluncuran produk baru, dan harga bahan baku yang lebih stabil.

Dalam riset tanggal 27 September 2023, Analis Ciptadana Sekuritas Putu Chantika Putri mengatakan, MYOR berencana untuk memperluas jangkauan regionalnya ke Afrika dan Timur Tengah. Saat ini, MYOR dalam proses mendirikan kantor pemasaran dan menyiapkan izin tenaga kerjanya. 

Selain itu, MYOR juga meluncurkan produk baru dalam kategori coklat setelah menunda peluncuran produk baru pada kuartal II-2023 karena lemahnya daya beli konsumen. MYOR merilis produk cokelat dengan merek Dark Wonder.

Produk baru ini masih dalam uji pasar dan saat ini hanya tersedia di gerai retail tertentu di Jakarta. Berdasarkan pengecekan channel yang dilakukan Ciptadana Sekuritas, harga eceran produk tersebut sebesar Rp 29.900 per kemasan, lebih rendah dari kompetitornya, yakni Ritter Sport. MYOR menduduki peringkat pertama dengan pangsa pasar 30% pada kategori cokelat di semester 1 2023.

Baca Juga: Sejumlah Risiko Membayangi PGAS, Simak Rekomendasi Sahamnya

Lebih lanjut, MYOR telah memperlihatkan tren peningkatan penjualan serta permintaan yang kuat di lapangan pada dua bulan pertama kuartal III-2023. Penjualan general trade (GT) yang mencakup sekitar 80% dari total penjualan kembali ke tren positif. 

Penjualan GT menghasilkan pertumbuhan lebih dari 20% year on year (YoY) pada Juli 2023 dan kenaikan secara bulanan yang kuat pada Agustus 2023. Pertumbuhan penjualan ini terutama didorong oleh efek restocking, dimulainya kembali kegiatan sekolah, dan liburan yang lebih singkat.  

Pertumbuhan penjualan yang menggembirakan pada Juli dan Agustus 2023 memungkinkan margin kotor pada kuartal III-2023 meningkat dibanding kuartal sebelumnya. Apalagi dengan mempertimbangkan stabilnya harga CPO dan penurunan harga tepung Bogasari yang cukup untuk mengkompensasi kenaikan harga kopi dan gula. 

Lebih lanjut, Putu meyakini, momentum penjualan domestik yang kuat akan tetap terjaga dengan potensi peningkatan konsumsi pada kuartal IV-2023.

"Secara musiman, kuartal IV selalu mencatatkan tingkat pencapaian pendapatan tertinggi, yakni sekitar 28%-29% dari pendapatan setahun penuh," ucap Putu. 

Helen menambahkan, pelemahan nilai tukar rupiah dan konsumsi yang berpotensi meningkat berkat Pemilu akan memberikan efek positif pada penjualan MYOR di semester 2 2023.

"Fluktuasi nilai tukar rupiah dapat dikompensasi dengan penjualan ekspor, mengingat porsi penjualan ekspor MYOR yang cukup besar," tutur Helen saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (11/10). 

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Indeks IDX High Dividend 20 Jelang Musim Dividen Interim

Sebagai catatan, MYOR meraup penjualan bersih Rp 14,82 triliun pada enam bulan pertama 2023 atau naik 3,13% yoy dari Rp 14,37 triliun di semester pertama tahun lalu. Porsi ekspor MYOR membesar saat penjualan domestik turun tipis. 

Penjualan domestik turun 0,58% menjadi Rp 8,51 triliun, sementara penjualan ekspor MYOR naik 8,05% menjadi Rp 6,31 triliun. Mayoritas penjualan ekspor Mayora ditujukan untuk pasar Asia. Penjualan ekspor ke Asia saja mencapai Rp 5,92 triliun terhadap total penjualan ekspor. 

Merujuk riset tanggal 21 September 2023, Analis UOB Kay Hian Sekuritas Stevanus Juanda menilai, kenaikan margin terbesar di kuartal III-2023 akan datang dari penurunan harga tepung karena Bogasari menurunkan harga tepung mulai 1 Juli 2023.

 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×