kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.950   0,00   0,00%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Kinerja MNC Digital (MSIN) Meningkat pada Tahun Lalu, Ini Pendorongnya


Sabtu, 16 April 2022 / 17:15 WIB
Kinerja MNC Digital (MSIN) Meningkat pada Tahun Lalu, Ini Pendorongnya


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) berhasil mencetak kinerja apik pada 2021. Emiten terafiliasi Grup MNC ini membukukan pendapatan sebesar Rp 1,81 triliun sepanjang 2021. Realisasi ini tumbuh sebesar 31% secara year-on-year (YoY) dari pendapatan tahun 2020 sebesar Rp 1,38 triliun.

Secara rinci, pendapatan MSIN terdiri atas pendapatan konten dan pendapatan digital. Pendapatan konten MSIN tercatat sebesar Rp 1,81 triliun sepanjang 2021, meningkat 23% YoY dari Rp 1,47 triliun di tahun sebelumnya. Peningkatan pendapatan konten tersebut sebagai akibat dari ekspansi aktivitas produksi konten MSIN yang terkena dampak pada 2020 karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diberlakukan oleh pemerintah.

MNC Pictures, rumah produksi drama milik MSIN menempatkan posisinya sebagai rumah produksi drama paling produktif di Indonesia. MNC Pictures sukses memproduksi program berperingkat tinggi, dimana 5 programnya berhasil menempati 5 program drama terbaik pada tahun 2021.

Sementara itu, pendapatan digital MSIN mencatatkan pertumbuhan 65% YoY menjadi Rp 427,3 miliar dari sebelumnya Rp259 miliar pada periode 2020. MSIN membukukan eliminasi Rp 703,10 miliar, yang jika dijumlahkan pendapatan MSIN menjadi Rp 1,91 triliun.

Baca Juga: Matahari Department Store (LPPF) Buka Gerai Baru di Mall Taman Anggrek

Hanya saja, sejumlah beban MSIN juga turut mendaki. Beban langsung misalnya, meningkat 29% YoY sebesar Rp 1,25 triliun. Kenaikan ini sebagian besar disebabkan oleh peningkatan volume produksi, serta adanya sedikit peningkatan pada biaya produksi per jam konten untuk memperkaya kualitas konten yang diproduksi.

Beban umum dan administrasi juga mengalami peningkatan sebesar 8,7% YoY menjadi Rp 111,7 miliar. Kenaikan ini terutama disebabkan oleh perluasan operasional lini digital MSIN, yang terdiri dari produksi berbagai original production untuk platform pihak ketiga, keterlibatan MSIN ke dalam lini game, dan ekspansi dalam aktivitas media sosial MSIN, termasuk multi-channel network.

Dus, MSIN mengantongi laba bersih  Rp 301,1 miliar atau mengalami peningkatan sebesar 78% YoY dari sebelumnya Rp168,9 miliar. Hal ini berarti terdapat peningkatan margin laba bersih yang signifikan sebesar 16,6% untuk tahun ini.

Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan akan hiburan video di tanah air, MSIN telah bergerak untuk mendirikan infrastruktur studio berbasis outdoor dan indoor terbesar dan terintegrasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City, yang disebut Movieland.

Dibangun di atas lahan seluas 21 hektar, Movieland akan dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan berstandar internasional, termasuk berbagai backlot dan fasad, untuk mendukung proses pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Tahap pertama untuk proyek ini akan selesai pada semester kedua 2022, yang akan memungkinkan MSIN untuk memulai sebagian produksinya di Movieland. Selanjutnya, tahap akhir (fase kedua) Movieland akan selesai pada 2023.

Baca Juga: Widodo Makmur Perkasa (WMPP) Bidik Kenaikan Laba Sebesar 50% pada Tahun 2022

MSIN juga terus menggenjot kanal digital sosial media. Kinerja YouTube MSIN tetap menjadi penghasil trafik tertinggi di Indonesia, dengan jumlah subscribers dan penonton terbesar. Pada Maret 2022, channel YouTube MSIN memiliki lebih dari 166 juta subscribers dan 53 miliar views.

Unit multi-channel network (MCN) juga mencatatkan hasil yang memuaskan, dengan memperoleh 88 juta subscribers dan 12 miliar views, melalui 182 MCN channels. Monetisasi media sosial MSIN lainnya melalui Facebook dan TikTok, keduanya telah memiliki basis followers yang signifikan dalam waktu singkat, di mana masing-masing mencapai 60 juta (dengan 4,6 miliar views) dan 236 juta.

MSIN juga terus meningkatkan lini operasional game dan E-Sports yang terdiri dari penerbitan game, manajemen tim E-Sports, agregator game, dan manajemen acara (kompetisi E-Sports profesional dan pencarian bakat). Hingga saat ini MSIN telah memproduksi dan menyiarkan 7 acara melalui kerja sama dengan mitra terkemuka, seperti Garena dan Moonton.

MSIN akan meluncurkan dua game mobile di kuartal kedua dan ketiga 2022, yang masing- masing disebut Rapid Fire (Battle Royale) dan Fight of Legends (MOBA). Performa dari game-game ini akan menjadi katalis bagi MSIN di masa mendatang, karena pendapatan dari game akan mulai tercatat pada tahun 2022.

MSIN memiliki dan mengoperasikan 7 portal online. Portal online ini telah memperoleh pengguna aktif bulanan kolektif sebesar 80 juta.

MSIN juga memiliki layanan audio video on demand (AVOD) yakni RCTI+, yang akan menjadi katalis terbesar bagi MSIN di masa depan. Sebab, pendapatan platform AVOD akan mendominasi pangsa pasar periklanan digital Indonesia selama 3 tahun -4 tahun ke depan. RCTI+ diperkirakan akan meraih pangsa yang signifikan dari pemain lainnya di pasar, dengan memperoleh 18% dari total keseluruhan pasar periklanan di Indonesia pada tahun 2024.

“Semakin banyaknya konsumen yang menuntut konten-konten yang lebih relevan, membuat MSIN memiliki keuntungan yang signifikan karena telah berinvestasi lebih awal dalam kemampuan produksi terdepan di pasar, fasilitas dan infrastruktur produksi indoor dan outdoor terbaik, serta kumpulan berbagai artis ternama di Indonesia,” terang Hary Tanoesoedibjo, Direktur Utama MSIN dan Executive Chairman MNC Group.

Hary melanjutkan, pada tahun 2022, MSIN juga menghadirkan berbagai inisiatif baru seperti memasuki lini bisnis mobile gaming, yang akan memposisikan MNC Digital sebagai pemain regional dan global yang berkembang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×