kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kerjasama terhenti, Merpati Airlines tunggu kelanjutan dari direksi baru Garuda


Kamis, 23 Januari 2020 / 08:24 WIB
Kerjasama terhenti, Merpati Airlines tunggu kelanjutan dari direksi baru Garuda
ILUSTRASI. Dirut Merpati Nusantara Airlines Captain Asep Eka Nugraha.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kisruh soal PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) ikut mempengaruhi kinerja PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Direktur Utama Merpati Airlines Asep Ekanugraha mengatakan sejak awal kisruh Garuda, kerjasama antar keduanya terhenti. 

"Kemarin dipimpin Pak Iqbal direktur kargonya, tetapi kemudian ada hal seperti kemarin otomatis menjadi freeze," ujar Asep, Rabu (22/1). 

Asep menjelaskan beberapa rencana Merpati Airlines harus tertunda. Namun, dia menegaskan, bisnis anak usahanya masih tetap berjalan. Adapun dua anak usaha Merpati Airlines adalah Merpati Maintenance Facility dan Merpati Training Center. 

Baca Juga: TSG Global Holdings gandeng 10 perusahaan Indonesia untuk ekspansi ke Kongo

"Secara bisnis anak perusahaan tetap berjalan, bukan berarti pada saat kemarin ada masalah itu kemudian anak perusahaan tidak berjalan. Hanya saja memang akhirnya yang seharusnya kita anggap plan-nya bisa terimplementasi menjadi agak tertunda," jelas Asep. 

Asep juga menjelaskan tertundanya operasional Merpati Airlines juga disebabkan adanya hambatan dari proses perizinan dari Kementerian Perhubungan.

"Sama sebenarnya, apapun kan kita harus berproses di Kementerian Perhubungan. Jadi sebenarnya pada akhirnya kita belum bisa berproses lebih jauh untuk merealisasikan itu, agak tertunda pada akhirnya," jelas Asep. 

Pada Oktober 2019, Garuda Indonesia bekerjasama dengan Merpati Airlines dalam bidang pelayanan kargo udara, ground handling, maintenance repair & overhaul (MRO) dan training center.  Kerjasama ini merupakan satu dari 10 upaya kerjasama dari BUMN lain untuk menghidupkan kembali denyut Merpati Airlines. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×