kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,83   6,38   0.69%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kembangkan pabrik refinery dan biodiesel, SMART tawarkan obligasi Rp 1 triliun


Kamis, 05 Maret 2020 / 13:10 WIB
Kembangkan pabrik refinery dan biodiesel, SMART tawarkan obligasi Rp 1 triliun


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART) akan menawarkan Obligasi Berkelanjutan II SMART Tahap I Tahun 2020 dengan nilai pokok Rp 1 triliun. Ini adalah bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi Berkelanjutan II SMART dengan target dana yang dihimpun sebesar Rp 3 triliun.

Berdasarkan prospektus yang dirilis emiten berkode saham SMAR ini, setelah dikurangi biaya emisi, sebesar 51% atau sekitar Rp 510 miliar akan digunakan untuk belanja modal, seperti untuk meningkatkan kemampuan pabrik refinery SMART dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Hal ini dilakukan dengan penambahan proses crude palm oil (CPO) washing dan penggunaan sistem vacuum ice condensing di refinery SMART yang ada di Marunda-Jawa Barat, Belawan-Sumatra Utara, Surabaya-Jawa Timur, dan Tarjun-Kalimantan Selatan. SMART juga akan menambah polishing di refinery yang berlokasi di Tarjun.

Baca Juga: Laba Sinar Mas Agro (SMAR) meroket 4.176,76%, laba selisih kurs jadi pendorongnya

Sebagian anggaran belanja modal ini telah diambil dari kas internal SMART. Oleh karena itu, sebesar 61% dari sekitar Rp 510 miliar dana obligasi bakal digunakan untuk mengganti kas yang telah digunakan untuk ekspansi ini. Sementara sebesar 39% akan digunakan untuk penyelesaian belanja modal tersebut.

Kemudian, sisanya 49% dari Rp 1 triliun akan digunakan untuk membiayai sebagian belanja modal, yakni untuk penambahan kapasitas pabrik biodiesel yang berlokasi di Tarjun sebesar 1.500 TPH.

Baca Juga: Strategi Sinar Mas Agro Resources (SMAR) setelah jadi pemasok B30

SMAR menawarkan obligasi dalam dua seri, yaitu Seri A dengan tenor tiga tahun dan Seri B yang bertenor lima tahun. Bunga obligasi akan dibayarkan tiap tiga bulan sekali terhitung sejak tanggal emisi, yakni 3 April 2020.

Dengan begitu, pembayaran bunga pertama akan jatuh pada 3 Juli 2020. Obligasi ini tidak dijamin dengan jaminan khusus, tetapi dengan seluruh harta kekayaan SMART baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak.

Masa penawaran awal obligasi ini berlangsung pada 4-18 Maret 2020. Kemudian, perkiraan tanggal efektif jatuh pada 26 Maret 2020. Selanjutnya, masa penawaran umum berlangsung pada 27-31 Maret 2020.

Lalu, tanggal penjatahan jatuh pada 1 April 2020, dan pengembalian uang pemesanan serta distribusi secara elektronik pada 3 April 2020. Kemudian, pencatatan di Bursa Efek Indonesia dilaksanakan pada 6 April 2020.

Baca Juga: Sinar Mas Agro (SMAR) targetkan produksi tumbuh 5% tahun ini

SMART menunjuk CIMB Niaga Sekuritas, Sinarmas Sekuritas, dan Sucor Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi dan penjamin emisi efek. Sementara itu, Bank Mega berperan sebagai wali amanat. Obligasi ini mendapatkan peringkat Single A Plus dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×