kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kembangkan Nilai Aset USD di Deposito Valas dengan Bunga Hingga 4,75% p.a


Rabu, 20 Desember 2023 / 15:57 WIB
Kembangkan Nilai Aset USD di Deposito Valas dengan Bunga Hingga 4,75% p.a
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - The Fed atau bank sentral Amerika Serikat telah mengisyaratkan akan memangkas suku bunga tiga kali pada 2024. Kebijakan ini dapat diikuti oleh penurunan bunga acuan Bank Indonesia (BI) dan memengaruhi bunga deposito di tahun mendatang.

Meski demikian, kalangan ekonom memperkirakan BI paling cepat akan menurunkan suku bunga pada kuartal II-2024. Sebelum suku bunga deposito turun, masih ada peluang bagi investor untuk meraih imbal hasil siginifikan dari deposito dengan bunga kompetitif.

Selain deposito rupiah, investor juga dapat menempatkan asetnya dalam deposito valas yang menawarkan bunga khusus. Valas atau mata uang asing yang kuat seperti dolar Amerika Serikat (USD) merupakan salah satu instrumen investasi yang nilainya cenderung naik terus.

Di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti, USD menjadi safe haven atau pelindung nilai kekayaan favorit investor. Menyimpan USD dalam deposito valas juga memberikan manfaat untuk meningkatkan tabungan greenback sebelum ditransaksikan atau digunakan sesuai kebutuhan yang telah direncanakan.

Deposito yang termasuk instrumen investasi minim risiko menjadi pilihan tepat untuk bersiap menghadapi tahun pemilu di 2024 nanti. Dinamika politik yang dapat memengaruhi pergerakan pasar tidak berdampak pada nilai aset yang disimpan dalam deposito. Rencana untuk traveling ke luar negeri, membiayai pendidikan di luar Indonesia, maupun transaksi bisnis dalam USD tetap dapat berjalan dengan lancar karena aset valas Anda tersimpan aman, bahkan semakin berkembang.

Bunga deposito kompetitif

Salah satu program deposito valas yang menawarkan besaran suku bunga spesial bagi nasabah adalah Program Deposito Blue Sakura Premiere dari J Trust Bank. Program deposito valas ini memberikan bunga yang sangat kompetitif, yakni hingga 4,75% per tahun (p.a). Nasabah baru dan eksisting J Trust Bank, baik perorangan maupun badan usaha, dapat mengikuti Program Deposito Blue Sakura Premiere.

Caranya, nasabah menempatkan valas minimum USD1.000 di deposito dengan tenor tiga bulan. Suku bunga yang diberikan mulai dari 3,75% p.a hingga 4,75% p.a. Ilustrasi penempatan dan suku bunga dalam Program Deposito Blue Sakura Premiere dapat dilihat sebagai berikut.

No.

Nominal

Jangka Waktu

Suku Bunga

1.

USD1.000 s.d  < USD10.000

3 bulan

3,75% p.a

2.

USD10.000 s.d < USD50.000

4,00% p.a

3.

USD50.000 s.d < USD300.000

4,25% p.a

4.

≥ USD300.000

4,75% p.a

Sebagaimana deposito berjangka, Deposito Blue Sakura Premiere juga tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo. Jika nasabah mencairkan deposito atau break dari program sebelum tanggal jatuh tempo, akan dikenakan biaya penalti.

Penalti break program berupa pemberlakuan suku bunga deposito menjadi 0,1% p.a, dihitung sejak awal penempatan deposito. Selain itu, kelebihan imbal hasil yang sudah diterima juga harus dikembalikan nasabah, dipotong dari jumlah deposito yang ditempatkan.

Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali apabila ingin mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Jangan sampai Anda melepaskan potensi imbal hasil yang sudah ada di depan mata.

Nasabah juga perlu mengetahui, penjaminan simpanan nasabah pada bank diatur berdasarkan peraturan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), baik dari jumlah simpanan maupun besaran suku bunga. Oleh karena itu, simpanan dengan suku bunga melebihi ketentuan yang diberlakukan LPS akan dijamin oleh bank terkait itu sendiri.

Keputusan investasi kembali pada investor masing-masing. Pertimbangkan risiko yang dapat ditoleransi dan sesuaikan investasi dengan kebutuhan serta tujuan keuangan.

Jika ingin meraih cuan optimal dari deposito valas, segera ikuti Program Deposito Blue Sakura Premiere. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, mengakses www.jtrustbank.co.id, atau hubungi Ask J 1500 615

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×