kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kebijakan suku bunga penentu pergerakan IHSG pekan depan


Jumat, 21 September 2018 / 21:34 WIB
Kebijakan suku bunga penentu pergerakan IHSG pekan depan
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia


Reporter: Anna Maria Anggita Risang | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan ini berhasil menguat selama tiga hari. Pada penutupan perdagangan akhir pekan, Jumat (21/9) indeks kembali dui tutup di zona hijau 0,45% ke level 5.957. Bahkan, dalam sepekan ini, investor asiing lebih sering mencatatkan pembelian bersih (net buy) sebesar Rp 1,01 triliun.

Analis Anugerah Sekuritas Indonesia, Bertoni Rio menyatakan selama sepekan ini IHSG naik 0,58%. Kenaikan sepekan ini didorong dari penguatan rupiah terhadap dollar AS, yang di penutupan pasar uang Jumat (21/9) berdasarkan data Bloomberg Rp 14.817.

Sepekan ini, indeks juga tertopang dari sektor aneka industri dan tambang. Juga di pekan ini terdapat beberapa emiten yang telah melakukan initial public offering (IPO) di BEI.

William Hartanto, analis Panin Sekuritas menyatakan pasar masuk periode window dressing dan penguatan rupiah. Itulah yang membuat IHSG pekan ini ditutup di zona hijau.

Selain itu, perang dagang setelah sekian lama yang mana AS dan China yang saling ancam satu sama lain, sudah tidak menjadi ancaman bagi pelaku pasar, hingga pada akhirnya indeka Asia menguat.

Untuk pekan depan, William meramalkan akan ada 2 kali koreksi utk merapihkan chart, terutama karena IHSG ada gap di 5.870 jadi ada potensi menurun. Indeks akan bergerak di level 5.870- 6.000.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu rapat FOMC dan BI, kebijakan suku bunga akan menjadi penentu gerak pasar pekan depan.

Proyeksi Bertoni Rio untuk sepekan ke depan IHSG akan bergerak di rentang level 5.880 - 6.067. Indeks akan disentimeni oleh rapat The Fed. Di sisi lain dari domestik, indeks akan di setir dari penantian nomer urut capres dan cawapres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×