CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,92   -14,06   -1.38%
  • EMAS994.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Kalbe Farma (KLBF) Perkuat Pasar di Filipina dengan Membentuk Perusahaan Patungan


Minggu, 29 Mei 2022 / 18:43 WIB
Kalbe Farma (KLBF) Perkuat Pasar di Filipina dengan Membentuk Perusahaan Patungan
ILUSTRASI. Kerjasama joint venture PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) melalui anak usahanya Kalbe International Pte. Ltd dengan perusahaan distributor consumer goods di Filipina Ecossential Food Corp (EFC) di Manila, Rabu (18/5).  


Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA.  PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) melalui anak usahanya, Kalbe International Pte. Ltd. (Kalbe International), menandatangani kerja sama joint venture (JV) dengan perusahaan Filipina Ecossential Food Corp. Keduanya sepakat membentuk perusahaan JV Kalbe Ecossential International Inc yang nantinya fokus pada pemasaran produk-produk Kalbe non-obat resep untuk pasar Filipina.

Asal tahu saja, Ecossential Food Corp merupakan perusahaan distribusi yang berlokasi di Filipina. Perusahaan tersebut berfokus dalam mendistribusikan produk-produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG). 

"Saat ini, nilai penyertaan modal JV sebesar PHP (Peso Filipina) 130 juta," jelas Corporate Secretary PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) dalam keterbukaan informasi, Jumat (27/5). 

Apabila mengacu data Bank Indonesia, kurs beli rupiah terhadap PHP per Jumat (27/5) yang berada di Rp 278,46. Dus, total nilai penyertaan modal itu sekitar Rp 36,19 miliar. 

Baca Juga: Tahun 2022, Kalbe Farma (KLBF) Pertahankan Target Pertumbuhan Kinerja 11%-15%

Adapun Kalbe International mengempit 60% kepemilikan, sementara Ecossential Food Corp memiliki 40% lainnya. Saat ini keduanya sedang menyiapkan pembentukan perusahaan JV dan penyetoran modal. 

Manajemen lebih lanjut mengungkapkan, sumber dana untuk penyertaan modal akan menggunakan internal kas perseroan. Manajemen pun meyakini, pembentukan JV ini tidak akan berdampak terhadap laporan laba rugi perseroan.

"JV baru akan didirikan dan pendanaan setoran modal sepenuhnya dilakukan dari kas internal perseroan," imbuhnya. 

 

 

Adapun pendirian JV ini merupakan salah satu strategi perseroan dalam pengembangan dan perluasan bisnis ekspor ke Filipina. Diharapkan, pendirian JV dapat meningkatkan pendapatan perseroan dari penjualan ekspor. Secara keseluruhan, segmen ekspor diproyeksi dapat tumbuh dan berkontribusi kepada KLBF sebesar 5% hingga 6% terhadap total pendapatan. 

Asal tahu saja, Filipina merupakan salah satu negara yang memiliki potensi besar bagi pengembangan produk-produk KLBF.  Dengan adanya perusahaan JV, KLBF dapat memperkuat pemasaran dan distribusi produk-produk Kalbe di Filipina, khususnya untuk portofolio selain obat resep. 

Baca Juga: Prospek Bisnis Makin Bugar, KLBF Bidik Penjualan dan Laba Tumbuh 15% Tahun Ini

Pembentukan JV juga merupakan bagian dari strategi perseroan untuk terus berupaya menyediakan produk kesehatan berkualitas di pasar global dengan memperkuat ekspor produk-produk andalan. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×