kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Juni, BUMI lakukan voting proposal perdamaian


Jumat, 20 Mei 2016 / 17:39 WIB
Juni, BUMI lakukan voting proposal perdamaian


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Bumi Resources Tbk (BUMI) masih melakukan pendekatan dengan para kreditur perseroan untuk mendapatkan persetujuan atas proposal perdamaian perseroan. Proposal perdamaian itu diajukan karena ada permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang diajukan Castleford Investment Holdings Ltd.

Dileep Srivastava, Direktur dan Sekretaris Perusahaan BUMI mengatakan, pembahasan dan voting dengan kreditur atas rencana perdamaian itu akan dilakukan pada 6 Juni mendatang. "Kami yakin mayoritas kreditur akan menyetujui rencana perdamaian yang diusulkan perseroan," ujar Dileep dalam keterangan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (20/5).

Ia mengatakan, perseroan juga sudah mengajukan proposal untuk penyelesaian utang vendor atau kreditur non transaksi keuangan. Karena status PKPU inilah Dileep mengaku belum bisa menyampaikan laporan keuangan periode tahun 2015 dan laporan keuangan interim I tahun 2016.

Per kuartal III 2015, perseroan membukukan rugi bersih sebesar US$ 640,8 juta dan defisiensi modal sebesar US$ 1,38 miliar. BUMI saat ini hanya mengandalkan proses restrukturisasi utang bisa mengembalikan struktur modal perseroan.

Dalam proposal itu, BUMI berencana membayar utang dengan saham. Untuk pinjaman terhadap China Investmen Corporation (CIC), BUMI akan mengkonversikan menjadi 5,2 miliar saham di BUMI atau 9,63% dari total ekuitas perusahaan dari penawaran umum terbatas 2014. BUMI juga menawarkan utang CIC akan dikonversi menjadi saham aset BUMI yaitu 45% di PT Pendopo Energi Barubara, 40% PT Dairi Prima Minerals dan sisanya dikonversi menjadi saham BUMI.

Sementara untuk utang kepada China Development Bank (CDB), BUMI akan menyelesaikan bunga utang dalam new senior secured facility trance A dan trance B dengan masing-masing penyelesaiannya 50%. Kemudian opsi penyelesaian utang pokok akan dikonversi ke Pendopo Equity dan Contingent Value Rights (CVR).

Untuk utang obligasi konversi, BUMI akan mengkonversikan menjadi 15% saham di BUMI dan 85% diubah menjadi Madatory Convertible Bonds yang jatuh tempo dalam lima tahun. Setelah itu, utang kepada pemohon PKPU Castleford Investment Holdings Ltd akan dikonversikan 100% menjadi saham BUMI. Masing-masing kreditur yang nantinya akan memiliki saham BUMI mempunyai hak untuk mencalonkan satu direksi dan satu dewan komisaris perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×