kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jelang pengumuman kabinet dan perang dagang jadi sentimen IHSG besok


Rabu, 16 Oktober 2019 / 19:02 WIB

Jelang pengumuman kabinet dan perang dagang jadi sentimen IHSG besok
Jelang pengumuman kabinet dan perang dagang jadi sentimen IHSG besok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup pada zona hijau. Hari ini, IHSG menguat 0,19% ke level 6.169. Dengan dana asing masih didominasi aksi jual senilai Rp 195,56 Miliar.

Analis Bina Artha Sekuritas Nafan Aji sebut, sentimen positif bagi pergerakan Indeks hari ini didorong oleh sentimen meredanya tensi perang dagang antara AS-Tiongkok serta potensi penurunan suku bunga acuan oleh The Fed.

Selain perang dagang Haead of Research Infovesta Wawan Hendrayana menilai menguatnya Indeks juga dipengaruhi oleh sentimen pengumuman kabinet yang mulai dapat diprediksi oleh pasar serta adanya rekonsiliasi politik melalui pertemuan Jokowi-Prabowo, Prabowo-SBY.

Baca Juga: Berbalik arah, IHSG berhasil ditutup naik 0,19% perdagangan Rabu (16/10)

Pada perdagangan besok, Nafan melihat pasar akan memperhatikan perang dagang antara AS-Eropa dan sentimen no deal Brexit. Untuk sentimen yang berasal dari domestik sendiri, pasar akan menantikan rilis laporan keuangan Q3-2019 serta kembali memperhatikan defisit pada neraca dagang RI.

Selain memperhatikan perang dagang AS-EU, Wawan menilai pasar juga masih akan memperhatikan sentimen perang dagang AS-Tiongkok terkait sikap AS terhadap Hongkong.

Dari domestik, Wawan masih menilai sentimen terkait pengumuman kabinet juga masih akan diperhatikan pasar dan penantian akan penurunan suku bunga acuan BI yang diprediksi akan kembali turun dalam RDG Bi pekan depan.

Baca Juga: Mandiri Sekuritas mencatat pertumbuhan bisnis brokerage hingga 85%

Nafan memproyeksikan IHSG besok akan melemah dengan support berada di level 6.105 - 6.126 dan resistance di level 6.198-6.230. Sementara Wawan memproyeksikan IHSG besok akan bergerak cenderung sideways positif ke level 6.150-6.200.

Untuk rekomendasi saham sendiri, Nafan merekomendasikan AALI, ANTM, ASII, INCO, ITMG, dan PWON dengan akumulasi beli.


Reporter: Irene Sugiharti
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×