kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang pemilu AS, bursa saham Asia bergerak stabil


Selasa, 03 November 2020 / 10:03 WIB
Jelang pemilu AS, bursa saham Asia bergerak stabil
ILUSTRASI. Bursa saham Asia. REUTERS/Issei Kato


Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bursa saham Asia tampaknya akan naik pada hari Selasa karena investor mengabaikan kegelisahan pemilu AS dan berharap pada data output pabrik yang kuat di China, Eropa dan Amerika Serikat, meskipun dolar dan emas menguat karena ketidakpastian politik.

Amerika Serikat akan mengadakan pemilu pada Selasa malam setelah kampanye polarisasi di mana Presiden Donald Trump dan saingan Demokratnya, Joe Biden, menyinggung perselisihan pasca pemilihan.

Tidak ada pemenang langsung dalam pemilihan presiden yang dapat mengguncang pasar. Trump tertinggal dari Biden dalam jajak pendapat nasional, tetapi jajak pendapat di negara bagian yang akan memutuskan pemilihan menunjukkan perlombaan yang lebih dekat.

Baca Juga: Harga minyak mentah kembali melemah, WTI ke US$ 36,75 dan Brent US$ 38,82 per barel

Beberapa analis mengatakan pasar saham menemukan pelipur lara dengan fakta bahwa kebijakan moneter di seluruh dunia akan tetap longgar dan mendukung harga saham, bahkan jika pemilu tidak segera memberikan hasil yang jelas. "Apapun hasilnya, kebijakan bank sentral siap untuk tetap sangat akomodatif secara global," kata analis di Bank ANZ dalam catatan kepada kliennya. 

ASX 200 .AXJO Australia melonjak 1,17% pada awal perdagangan, sementara indeks berjangka Hang Seng Hong Kong. HSIc1 naik 0,28%. S & P 500 berjangka Esc1 naik 0,31%, memperpanjang kenaikan di Wall Street semalam, dan Nikkei 225 futures NKc1 Jepang bertambah 0,41%.

Data output pabrik yang dirilis pada hari Senin menunjukkan ketahanan yang mengejutkan dalam aktivitas manufaktur di sebagian besar dunia.

Aktivitas manufaktur AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Oktober, dengan pesanan baru melonjak ke level tertinggi dalam hampir 17 tahun, sementara aktivitas pabrik China berkembang tercepat dalam satu dekade dan manufaktur zona euro juga dipercepat.

Baca Juga: IHSG melaju 0,55% di awal perdagangan Selasa (3/11), mengekor bursa Asia

Rangkaian data ekonomi yang optimis membantu harga minyak. Minyak mentah berjangka Brent AS LCOc1 stabil di $ 39,24.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×