kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang akhir tahun, Asia Raya Kapital tutup empat reksadana senilai Rp 7 miliar


Selasa, 31 Desember 2019 / 06:30 WIB
Jelang akhir tahun, Asia Raya Kapital tutup empat reksadana senilai Rp 7 miliar


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang akhir tahun 2019, PT Asia Raya Kapital (ARK) dikabarkan menutup empat produk reksadananya. Beberapa produk tersebut adalah Reksadana Berkembang, Reksadana Barokah, Reksadana Unggulan dan Reksadana Amanah.

Dalam surat yang diterima Kontan.co.id pada Senin (30/12) disebutkan bahwa dalam beberapa waktu terakhir perusahaan sudah masuk dalam radar pantauan dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara seksama. Beberapa yang diawasi seperti pencairan dana yang terjadi secara terus menerus dan isi portofolio saham yang ada di dalam empat reksadana tersebut.

Dengan begitu, per Senin (30/12) empat produk Asia Raya Kapital tersebut ditutup dan tidak dapat melakukan transaksi penempatan, maupun pencairan sebagaimana seharusnya. Selanjutnya, perusahaan akan mengikuti aturan yang ditetapkan OJK yang berkaitan dengan penutupan reksadana dan menyelesaikan penjualan portofolio selama 60 hari bursa.

Baca Juga: Reksadana target waktu, ini dia plus minusnya

"Empat reksadana ini memang kami yang menutup, bukan ditutup OJK. Tujuannya untuk kebaikan bersama dan agar tidak terjadi penurunan harga yang lebih tajam," jelas Komisaris Utama ARK Syafi'i Antonio saat dikonfirmasi Kontan.co.id, Senin (30/12).

Menurut data Infovesta Utama, beberapa kinerja Reksadana Asia Raya Kapital tercatat mengalami penurunan fantastis per 27 Desember 2019. Diantaranya produk Asia Raya Syariah Saham Barokah -66,83%, Asia Raya Saham Unggulan Syariah -67,14%, Asia Raya Saham Amanah Syariah -20,41% dalam waktu sebulan, dan Asia Raya Saham Berkembang -54,93%.

Dari keempat produk tersebut diketahui posisi kas dan setara kas untuk produk Asia Raya Syariah Saham Barokah sebesar Rp 3,70 miliar, Asia Raya Saham Unggulan Syariah Rp 376,65 juta, Asia Raya Saham Amanah Syariah Rp 2,17 miliar, dan Asia Raya Saham Berkembang sebesar Rp 802,25 juta. Dengan begitu total kas yang ditutup dari keempat produk tersebut mencapai Rp 7,06 miliar.

Syafi'i menjelaskan di antara keempat produk tersebut, terdapat beberapa saham yang menjadi amanat Asabri yang nilainya mengalami penurunan. Alhasil dilakukan pembahasan dan diambil kesepakatan untuk menutup beberapa produk tersebut.

Adapun faktor penurunan dianggap sebagai hal yang lumrah terjadi jelang akhir tahun. Di samping itu, munculnya produk atau pilihan industri lain, juga turut menjadi alasan penurunan produk. 

Syafi'i menekankan, dari berbagai faktor tersebut ada penurunan yang dapat dikontrol dan juga tidak, di mana ada saham yang liquid dan masih bisa ditransaksikan di jangka panjang.

ARK juga menerapkan bentuk penyelesaian lainnya dengan mencari pembeli untuk mengambil sisa portofolio yang ditutup. 

Saat dikonfirmasi, Syafi'i menekankan sudah ada eksisting investor yang bersedia membeli. Ditambah lagi, ARK juga meluncurkan produk baru sebagai pilihan investor yang terkena dampak penutupan, sehingga tidak sepenuhnya investor melakukan redeem atau pencairan aset.

Baca Juga: Manajer investasi belum melirik ORI sebagai aset reksadana terproteksi

"Kami juga berkonsultasi dengan OJK dan kami menawarkan berbagai jalan yang terbaik. Ini karena, kalau tidak dicari solusi akan berdampak ke kinerja MI, makanya kami ambil inisiatif," jelasnya.

Berbagai mekanisme dan inisiatif yang ditawarkan ARK tersebut, diyakini mampu menjaga kinerja perusahaan tetap positif ke depan. Bahkan, Syafi'i mengungkapkan beberapa investor yang melakukan redeem berniat untuk kembali masuk ke produk baru yang ditawarkan ARK tersebut.

"Ke depan, kinerja ARK mungkin akan turun tipis dengan penutupan ini, tapi itu bisa diantisipasi dengan inisiatif yang kami lakukan. Tahun depan kami juga berencana menerbitkan 2-3 produk baru lagi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×