kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jasa Marga (JSMR) Anggarkan Capex Rp 10 Triliun pada Tahun 2024, Ini Sumber Dananya


Senin, 04 Desember 2023 / 20:19 WIB
Jasa Marga (JSMR) Anggarkan Capex Rp 10 Triliun pada Tahun 2024, Ini Sumber Dananya
ILUSTRASI. Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Karawang, Jawa Barat.

Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menganggarkan belanja modal alias capital expenditure (capex), terutama capex investasi, sebesar Rp 10 triliun. Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita mengatakan, capex JSMR berasal dari dua sumber utama.

“Terkait pembiayaan total capex, berasal dari perbankan dan capital market. Kami lihat mana yang bisa memberikan yang terbaik untuk JSMR,” ujarnya dalam Konferensi Pers Kinerja Kuartal III 2023, Senin (4/12).  

Sebelumnya, dalam paparan publik JSMR pada Senin (27/11), Direktur Keuangan Jasa Marga Pramitha Wulanjani mengatakan, capex tahun 2024 tergantung dari proses pembebasan lahan dan progres konstruksi di jalan tol baru yang saat ini sedang dibangun Jasa Marga.

“Progres pembebasan lahan juga bergantung pada alokasi budget pemerintah, karena dana pembebasan lahan menjadi tanggung jawab dari pemerintah,” ujarnya dalam paparan publik JSMR, Senin (27/11). 

Baca Juga: Laba Jasa Marga (JSMR) Melesat hingga Kuartal III 2023, Begini Rincian Kinerjanya

Pramitha mengatakan, capex JSMR sebesar Rp 10 triliun itu karena memang pembebasan lahan dan konstruksi, serta disesuaikan kapasitas keuangan Jasa Marga. 

“Harapannya ini bisa menjaga free cash flow JSMR tetap positif, sehingga penggunaan capex ke depan akan lebih memperhatikan financial capability dari perusahaan,” paparnya.

Per September 2023, laba bersih JSMR tercatat sebesar Rp 5,97 triliun. Pada periode sama tahun lalu, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1 triliun.

Melansir keterbukaan informasi, Senin (4/12), JSMR membukukan pendapatan Rp 14,08 triliun hingga kuartal III. Raihan itu naik 20,13% dari periode sama tahun lalu Rp 11,72 triliun. Secara rinci, pendapatan JSMR terdiri dari pendapatan tol sebesar Rp 9,79 triliun, pendapatan konstruksi Rp 3,07 triliun, dan pendapatan usaha lainnya Rp 1,20 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

×