kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi Salah Satu Faktor Penggerak Harga Kripto, Apa Itu Bitcoin Halving Day?


Senin, 12 Desember 2022 / 12:33 WIB
Jadi Salah Satu Faktor Penggerak Harga Kripto, Apa Itu Bitcoin Halving Day?
ILUSTRASI. Pasar kripto tengah berada dalam fase bearish pada tahun 2022. . KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar kripto tengah berada dalam fase bearish pada tahun 2022. Secara historikal, tahun bearish terjadi setelah bitcoin mengalami all-time high dan terjadi setiap empat tahun sekali, seperti pada 2018 dan 2014.

Bagi para calon investor yang hendak berinvestasi kripto, penting untuk mengetahui istilah dalam kripto yang memengaruhi penurunan dan kenaikan harga kripto. Salah satunya adalah bitcoin halving day.

Bitcoin halving day merupakan peristiwa empat tahun sekali. Dalam peristiwa ini, hadiah untuk para penambang bitcoin akan dibagi dua setiap 210.000 blok yang terjadi sampai mencapai batas maksimum kapasitas bitcoin, yakni 21 juta bitcoin.

Baca Juga: Mencermati Bitcoin Halving Day Serta Pengaruhnya pada Ekosistem Kripto Global

CEO Indodax Oscar Darmawan menjelaskan, bitcoin halving day akan mempengaruhi harga bitcoin untuk semakin naik. Pasalnya, seiring bertambahnya waktu, transaksi penambangan bitcoin akan semakin sulit didapatkan.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 91% bitcoin yang tersebar di seluruh dunia dengan total sekitar 19 juta keping. Halving berfungsi untuk mengurangi kecepatan penambahan bitcoin baru agar bitcoin yang beredar tetap terjaga sehingga terhindar dari inflasi.

"Semakin sulit bitcoin didapatkan, maka semakin mahal juga harga bitcoin nantinya," kata Oscar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/12).

Lebih lanjut, bitcoin halving day juga akan mempengaruhi para miner bitcoin. Apalagi setelah bitcoin dan kripto dikenal masyarakat, jumlah miner bitcoin kian banyak. Dengan semakin bertambahnya miner bitcoin, semakin sulit juga bitcoin yang bisa didapatkan, sedangkan pasokan bitcoin semakin berkurang.

Karena tingkat kesulitas penambangan yang terus bertambah, para miner kecil yang tidak memiliki alat canggih akan kalah bersaing dengan miner pro yang sudah memiliki alat yang lebih canggih.

"Karena hadiah para penambang bitcoin dibagi dua, maka di tahun 2024 nanti saat bitcoin halving day, hadiah untuk para miners akan dikurangi menjadi 3.125 BTC," jelas Oscar.

Baca Juga: Pasar Kripto Global Tengah Tertekan, Industri Lokal Diyakini Bisa Bertahan

Menurut Oscar, pasokan bitcoin kemungkinan akan berakhir pada tahun 2140. Setelah bitcoin habis dan tidak ada bitcoin halving day kembali, maka besar kemungkinan permintaan untuk bitcoin akan meningkat.

Oleh sebab itu, para trader aset kripto yang hendak mengumpulkan portofolio bitcoin bisa memulai untuk mencicil beli di harga saat ini ketika pasar sedang bearish.

Berdasarkan data coinmarketcap.com, harga bitcoin per Senin (12/12) pukul 12.00 WIB adalah sebesar US$ 16.937,91. Dalam satu tahun terakhir, harga tertingginya pernah berada di level US$ 51.956,33.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×