kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Iniah saham yang diprediksi masuk kelompok Indeks LQ45 pada Juli 2021


Jumat, 09 Juli 2021 / 08:54 WIB
Iniah saham yang diprediksi masuk kelompok Indeks LQ45 pada Juli 2021
ILUSTRASI. Saham LQ 45 Iniah saham yang diprediksi masuk kelompok LQ45 pada Juli 2021


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan kembali mengatur sejumlah saham yang masuk kelompok indeks LQ45. Simak sejumlah saham yang akan masuk kelompok indeks LQ45 pada Juli 2021. Lalu, saham apa saja yang akan keluar dari indeks LQ45?

Selain mengatur ulang saham penghuni Indeks LQ45, BEI juga bakal menyeragamkan metode penghitungan indeks saham berdasarkan jumlah saham publik yang beredar atawa free float.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama mengatakan, saat ini memang free float menjadi perhitungan pelaku pasar, khususnya institusi dalam menyusun portfolionya. Sehingga saham-saham dengan free float yang rendah berpotensi tidak dilirik oleh investor.

Selain itu, Okie melihat saham-saham dari sektor konstruksi berpotensi keluar dari indeks LQ45 ini. Menurutnya, realokasi dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) infrastruktur dari pemerintah ke sektor prioritas dan kesehatan dinilai menurunkan optimisme pelaku pasar terhadap kinerja saham konstruksi pada kuartal III ini.

"Sehingga kami menilai emiten konstruksi berpotensi keluar dari LQ45 di periode mendatang," terang Okie, Kamis (8/7).

Baca Juga: Net sell asing capai Rp 41 miliar, IHSG menguat 0,13% ke 6.051 di akhir sesi pertama

Sekarang ini beberapa saham konstruksi yang tergabung dalam indeks LQ45 ada PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) dan PT PP (Persero) Tbk (PTPP).

Sementara itu, saham-saham yang berpotensi masuk ke indeks LQ45 tentunya yang berkaitan erat dengan permintaan kuat saat ini seperti emiten kesehatan, teknologi, dan jasa keuangan.

Okie menilai saham PT Bank Jago Tbk (ARTO), PT BRI Agroniaga Tbk (AGRO), dan PT Bank Syariah Indonesia TBk (BRIS) memiliki potensi untuk masuk dalam list LQ45 pada periode mendatang.  "Tentu dengan mempertimbangkan faktor fundamental dan juga likuiditas," tambahnya.

Okie menilai, secara prospek saham ARTO, AGRO, dan BRIS ini memang menarik ke depannya.

Analis Bahana Sekuritas Muhammad Wafi juga berpendapat beberapa saham berpotensi terdepak dari indeks LQ45 misalnya WIKA, MEDC, SMRA, CTRA, dan ACES. Kemudian untuk saham-saham yang memiliki kemungkinan bergabung dengan indeks LQ45 ini adalah BRIS, BRPT, AGRO, dan BULL.

Itulah saham-saham yang berpotensi masuk kelompok Indeks LQ45. Jadi, silakan cek lagi koleksi saham Anda, apakah masih berada di dalam indeks LQ45 atau tidak?

Selanjutnya: Awas, pelemahan IHSG berlanjut, simak rekomendasi saham untuk raih cuan hari ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×