kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lo Kheng Hong Berbagi Tips Sukses Berinvestasi di Pasar Modal: Reading dan Thinking


Kamis, 26 Oktober 2023 / 21:59 WIB
Lo Kheng Hong Berbagi Tips Sukses Berinvestasi di Pasar Modal: Reading dan Thinking
Lo Kheng Hong (kiri) berbagi pengalaman saat?Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2023, Kamis (26/10).


Reporter: Recha Dermawan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dikenal dengan julukan "Warren Buffett Indonesia," investor kawakan, Lo Kheng Hong, berbagai pengetahuan dan pengalamannya tentang investasi dalam acara Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2023 pada Kamis (26/10).

Dalam acara itu, Lo Kheng Hong membagikan kisah serta tips investasinya.

Menurut Lo Kheng Hong, kunci keberhasilan dalam investasi pasar modal adalah tekun membaca dan berpikir kritis. Bahkan, menurutnya, lulusan SD pun dapat menjadi investor saham yang sukses, asalkan memahami kalkulasi dasar seperti perkalian, pembagian, dan penjumlahan. 

Lo Kheng Hong sangat menekankan pentingnya membaca dan berpikir dalam rutinitas harian. 

Baca Juga: Inilah Top 10 Manajer Investasi per September 2023

“Saya dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 09.00 pagi menghabiskan waktu untuk reading dan thinking, kemudian dari pukul 09.00 hingga 16.15 saya berburu mercy harga bajaj (saham murah dengan fundamental bagus), lalu setelah itu biasanya saya tidur kurang lebih 1 hingga 2 jam, setelah itu saya makan, mandi, dan lanjut reading and thinking” kata Lo Kheng Hong.

Uniknya, keberhasilan Lo Kheng Hong dalam investasi saham didapatkan melalui pembelajaran otodidak dan memperdalam ilmu dari berbagai buku yang membahas prinsip dan strategi investasi saham. 

Pada usia yang kini telah mencapai 64 tahun, Lo Kheng Hong merupakan salah satu investor dengan aset triliunan rupiah, hasil dari investasinya sejak usia 30-an.

Dalam pengalamannya yang lebih dari tiga dekade di pasar modal, Lo Kheng Hong mengungkapkan beberapa sektor favoritnya, seperti tambang dan perbankan. 

Baca Juga: Sabar, Salah Satu Kiat Sukses Investasi Saham Lo Kheng Hong

Sebagai contoh, Lo Kheng Hong menyoroti saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebagai saham yang menarik. 

"Saham BBCA bisa saya pegang seumur hidup. Bank BCA telah menunjukkan pertumbuhan konsisten selama kurang lebih 23 tahun dengan capital gain sebanyak 2.600%," jelasnya.

Tidak hanya BBCA, menurut Lo Kheng Hong, ada banyak saham lain di Indonesia yang layak mendapat julukan "wonderful company" atau perusahaan luar biasa. Yang penting adalah kecermatan dalam memilih.

Baca Juga: Lo Kheng Hong dan Artis Chelsea Island akan Ramaikan CMSE BEI Hari Ini

Selain itu, Lo Kheng Hong mengungkapkan kesetiaannya pada pasar saham Indonesia. 

"Meskipun telah lama berinvestasi, saya tidak pernah tertarik membeli saham luar negeri. Saya hanya fokus pada saham-saham di Bursa Efek Indonesia karena saya sangat mencintai pasar saham negeri ini," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×