Reporter: Amailia Putri Hasniawati | Editor: Uji Agung Santosa
JAKARTA. Ditengah ketatnya persaingan beberapa peritel mampu mendongkrak kinerjanya di 2014. Tahun ini mereka pun sudah menyiapkan strategi guna melanjutkan keberhasilan di tahun lalu.
Salah satunya adalah PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA). Direktur dan Sekretaris Perusahaan MPPA, Danny Kojongian mengatakan, strategi yang akan digunakan adalah meningkatkan pelayanan kepada konsumen.
Perseroan ingin memanfaatkan tren belanja online yang saat ini booming. Pemilik gerai Hypermart ini tengah mengembangkan infrastruktur untuk merealisasikan strategi tersebut. Asal tahu saja, Hypermart kini punya situs untuk memenuhi keinginan pelanggan yang ingin belanja secara online.
Situs itu adalah https://.shop.hypermart.co.id. Danny bilang, situs yang sudah disiapkan sejak 2012 ini masih dalam tahap pengujian. Pihaknya masih terus melakukan perbaikan inftastruktur. "Sudah mulai jalan, paling banyak pelanggan dari Jakarta," ujarnya kepada KONTAN belum lama ini.
Namun, jumlah pelanggan yang memanfaatkan fasilitas ini masih sedikit jika dibandingkan dengan yang datang ke toko. Tidak hanya itu, perseroan juga gencar memberikan promosi berupa diskon di hari dan pada produk tertentu.
Strategi lainnya adalah ekspansi organik, yakni dengan membuka gerai baru. Sepanjang 2015, anak usaha Grup Lippo ini berencana membangun 13 gerai Hypermart baru. Selain itu, perseroan juga akan mendirikan sekitar lima gerai Foodmart di Jabodetabek.
Demi mengeksekusi rencana tersebut, MPPA menyiapkan kocek sekitar Rp 640 miliar hingga Rp 800 miliar. Manajemen MPPA berharap, ekspansi organik dan pengembangan belanja online itu bisa mendongkrak kinerja perseroan tahun ini.
MPPA menargetkan, tahun ini penjualan bisa naik sekitar 15% dari tahun lalu yang sebesar Rp 13,59 triliun. Berarti, tahun ini perseroan memproyeksikan pendapatan bisa menyentuh angka Rp 15,62 triliun.
Strategi yang hampir sama juga dilakukan PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES). "Strategi kami yakni melakukan ekspansi organik dan promosi," tutur Widjojo Investor Relations ACES.
Perseroan juga akan membuka sejumlah gerai baru. Targetnya, tahun ini bisa bertambah sekitar 10 hingga 15 gerai. ACES menyiapkan dana investasi tahun ini sebesar Rp 300 miliar. Manajemen ACES berharap, tahun ini bisa mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba masing-masing sebesar 10%-15%.
Tahun lalu, pendapatan ACES diperkirakan ada di angka Rp 4,42 trilun atau naik 15% secara year-on-year (yoy). Sedangkan, laba bersih 2014 ACES diperkirakan sebesar Rp 585,2 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News