kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Saham Pilihan Trimegah Sekuritas, Tiga Diantaranya GOTO, BMRI dan ROTI


Kamis, 09 Maret 2023 / 06:30 WIB
Ini Saham Pilihan Trimegah Sekuritas, Tiga Diantaranya GOTO, BMRI dan ROTI


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Trimegah Sekuritas membuat perubahan portofolio saham. Beberapa saham yang menjadi saat ini menjadi pilihan Trimegah Sekuritas diantaranya adalah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI). 

Sedangkan saham dihapus oleh Trimegah adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). 

Analis Trimegah Sekuritas Willinoy Sitorus dalam riset 7 Maret 2023 menjelaskan, pilihan Trimegah pada saham BMRI karena dinilai memiliki performa fundamental yang kuat seperti sumber pendanaan dan kinerja. Pada bulan pertama di 2023, posisi dana murah alias current account saving account (CASA) BMRI mencapai 77,4%, loan to deposit ratio (LDR) 76,8%. 

Baca Juga: GOTO Memang Rugi Besar di Saham MPPA tapi Untung Jumbo dari Saham Bank Jago (ARTO)

Sementara return on average equity (ROAE) BMRI di 22,2% lebih tinggi dari tahun 2022 di 18,8%. "Ini artinya akan laba akan kembali normal di bulan-bulan berikutnya karena faktor musiman (Idul Fitri)," ujar Willinoy. 

BMRI akan menjadi salah satu bank yang menuai untung dari makin banyaknya proyek baru. Sebab basis pemberian kredit BMRI bersumber dari korporasi dan BUMN. 

Selain BMRI, Trimegah Sekuritas juga menyarankan GOTO menggantikan saham BUKA. Willinoy yakin perubahan manajemen ajan membantu GOTO lebih cepat mencapai target titik impas EBITDA yang disesuaikan pada kuartal IV tahun 2023. "Ini sangat menggembirakan karena dapat mengurangi kekhawatiran cara GOTO menuju profitabilitas dan cash runway (ketahanan kas di saat perusahaan masih merugi) yang terbatas," jelas dia. 

Trimegah masih yakin bisnis GOTO tetap solid karena memiliki ekosistem yang terus memberikan nilai bagi pemangku kepentingannya. Ke depan, Willinoy menilai, GoTo akan fokus pada bisnis intinya dan menjajaki opsi divestasi untuk aset non-intinya.

Untuk saham ROTI, Trimegah memilihnya karena pertumbuhan pendapatan di 2023-2024 masih akan tumbuh. Bahkan dasar pertumbuhan kinerja terlihat dari kinerja di 2022. Selain itu, Willinoy bilang, valuasi saham ROTI relatif murah di perusahaan konsumer yang lain. "ROTI masih diperdagangkan dengan valuasi 19,1 kali untuk PER tahun 2023, dengan ROE 20% dan hasil dividen 4%-5%," ujar dia. 

Baca Juga: Trimegah Sekuritas (TRIM) Bukukan Pendapatan Rp 704 Miliar pada 2022

Ketiga saham tersebut menggantikan saham ICBP, BUKA, BBRI yang akan dihapus dalam pilihan portofolio model Trimegah Sekuritas. "Kami menghapus ICBP dari model portofolio kami karena kami semakin khawatir inflasi," jelas Willinoy. Dia juga mengkhawatirkan cakupan pasar luar negeri Pinehill seperti Nigeria dan Mesir. Sebab saat ini, mata uang Nigeria dan Mesir masing-masing telah terdepresiasi sebesar -10% dan -50% terhadap dollar AS selama satu tahun terakhir. Dia juga melihat masih banyak alternatif yang menarik dengan rasio risk-reward yang lebih baik.

Saham lain yang dihapus adalah BUKA. "Kami telah menghapus BUKA dari portofolio model kami karena sekarang kami lebih memilih GOTO sebagai
paparan teknologi terhadap prospek disinflasi," kata Willinoy. Dia melihat GOTO lebih positif dalam pengembangan jangka pendek-menengah, didukung oleh inklusi dalam FTSE dan inklusi potensial dalam MSCI pada bulan Mei, yang dapat terus memberi daya tarik bagi harga saham GOTO.

Untuk BBRI, Willinoy melihat, momentum jangka pendek seperti keterlambatan pencairan KUR dan meningkat biaya dana alias cost of fund (CoF). Selain itu, BBRI juga akan mendapat katalis negatif karena adanya perlambatan selama Idul Fitri, yang mungkin berarti sampai pasca-Idul Fitri. 

Namun, Trimegah Sekuritas percaya BBRI menarik ke depan mengingat adanya periode Pemilu dan pertumbuhan UMKM yang kuat. "Kami terus melakukan memantau BBRI untuk jangka panjang," jelas Willinoy. 

Selain tiga saham baru tersebut, berikut 10 saham pilihan Trimegah Sekuritas yang direkomendasikan beli: 
1. ARNA dengan target Rp 1.900
2. MIKA dengan target Rp 2.800
3. BMRI dengan target Rp 11.500
4. GOTO dengan target Rp 200
5. MYOR dengan target Rp 3.100
6. ROTI dengan target Rp 2.100
7. ISAT dengan target Rp 10.500
8. MEDC dengan target Rp 1.700
9. BBCA dengan target Rp 10.200
10. PGAS dengan target Rp 2.200

Bagaimana? Apakah Anda juga tertarik mengikuti rekomendasi saham dari Trimegah Sekuritas? Ingat selalu do your own research dan jangan sekedar ikut-ikut. 

Baca Juga: Jadi Masuk Indeks FTSE Global, Apakah Saham GOTO & MDKA Prospek Untuk Investasi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×