kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.243   97,00   0,63%
  • IDX 7.905   76,26   0,97%
  • KOMPAS100 1.208   12,11   1,01%
  • LQ45 980   9,43   0,97%
  • ISSI 230   1,69   0,74%
  • IDX30 500   4,71   0,95%
  • IDXHIDIV20 602   4,65   0,78%
  • IDX80 137   1,32   0,97%
  • IDXV30 141   0,53   0,38%
  • IDXQ30 167   1,08   0,65%

Ini rencana GMT usai dikuasai Maybank


Kamis, 07 November 2013 / 18:24 WIB
Ini rencana GMT usai dikuasai Maybank
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina . ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Setelah resmi menjadi perusahaan manajer investasi baru di Indonesia, PT GMT Maybank Asset Management akan segera mengejar target asset under management (AUM) senilai Rp 800 miliar di akhir tahun.

"Posisi AUM kami saat ini sekitar Rp 790 miliar," ujar Marto Sutiono, Chief Executive Officer (CEO) GMT Maybank Asset Management, saat peresmian pergantian nama itu pada, Kamis (7/11). Sebelumnya, nama perusahaan adalah PT GMT Aset Manajemen.

Target yang dikejar perusahaan itu terbilang sedikit memang, hanya terpaut Rp 10 miliar. Untuk mencapai itu, GMT akan mengandalkan beberapa produk unggulannya yaitu, GMT Dana Pasti 2 dan GMT Dana Ekuitas.

Apa yang membuat kedua produk itu menjadi unggulan adalah, imbal hasil yang masing-masing mencapai 8,31% dan 7,36% year on year (yoy). Torehan imbal hasil itu jauh melebihi imbal hasil Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masing-masing 3,91% dan 3,32% yoy.

Resepnya adalah, 86,16% alokasi aset GMT Dana Pasti 2 diletakkan di obligasi swasta, sementara sisanya masing-masing 13,17% dan 0,66% diletakkan pada pasar uang dan obligasi pemerintah. Lalu, alokasi sektor atas produk ini paling besar diletakkan pada sektor perbankan dan jasa keuangan non bank yang mencapai 48,95%, dan sisanya diletakkan ke beberapa sektor lain seperti infrastruktur, properti dan perkebunan.

Untuk GMT Dana Ekuitas, 83,4% alokasi asetnya diletakkan pada pasar saham. Sementara sisanya 8,8% dan 7,8% diletakkan di pasar uang dan obligasi. Alokasi sektoral produk ini paling banyak diletakkan di sektor infrastruktur, yaitu sebanyak 16,4%.

Sisanya diletakkan pada sektor keuangan (17,2%), konsumer (14,6%), properti (14,3%), aneka industri (9,5%) dan beberapa sektor lain. "Sementara belum ada produk baru, tahun depan baru kami luncurkan produk syariah dan fokus ke sektor infrastruktur. Seterusnya kami akan kembangkan hingga masuk sepuluh besar dalam lima tahun mendatang," tutur Marto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×