kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Ini penyebab pendapatan XL Axiata (EXCL) tumbuh 8% di kuartal II-2021


Kamis, 05 Agustus 2021 / 12:49 WIB
Ini penyebab pendapatan XL Axiata (EXCL) tumbuh 8% di kuartal II-2021
ILUSTRASI. Kinerja XL Axiata di kuartal II-2021 ciamki


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) kembali mencatatkan pertumbuhan kinerja pada kuartal kedua tahun ini. Pada periode April-Juni 2021, pendapatan XL Axiata naik 8% dibandingkan kuartal I-2021 menjadi Rp 6,73 triliun. 

Alhasil, total pendapatan EXCL sepanjang semester I-2021 mencapai Rp 12,9 triliun.

Pada kuartal kedua, XL Axiata juga mencetak laba bersih sebesar Rp 395 miliar atau naik 23% dibanding kuartal sebelumnya. Dengan ini, total laba bersih yang berhasil diraup perusahaan mencapai Rp 716 miliar dalam enam bulan pertama 2021.   

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, pencapaian positif ini tidak terlepas dari keberhasilan penjualan dan kenaikan trafik yang XL Axiata raih di sepanjang periode Lebaran lalu. 

"Pada saat yang bersamaan, kami terus fokus melakukan digitalisasi di semua lini bisnis dan operational excellence, termasuk menekan biaya untuk mempertahankan tingkat profitabilitas serta meningkatkan efisiensi. Kami juga menawarkan produk-produk yang tepat sesuai kebutuhan pelanggan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data analytics untuk melakukan upselling melalui saluran penjualan omni channel yang kami miliki," jelas Dian dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kontan.co.id, Kamis (5/8).

Baca Juga: EXCL dan Axiata akan akuisisi saham Link Net (LINK), simak rencana bisnisnya

Lebih lanjut, Dian bilang, peningkatan kualitas dan jangkauan jaringan XL, penyediaan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan, serta digitalisasi untuk peningkatan penjualan telah berhasil mendorong kenaikan trafik penggunaan data. Selama semester pertama 2021, total trafik layanan XL Axiata meningkat sebesar 33% year on year (yoy) menjadi 2.963 Petabyte.

Peningkatan trafik ini mendorong pendapatan data XL Axiata pada kuartal II-2021 naik 9% menjadi Rp 5,90 triliun dibanding kuartal sebelumnya. Tumbuhnya pendapatan data tersebut mampu meningkatkan besaran kontribusi terhadap total pendapatan layanan menjadi sebesar 94%.

Meningkatnya kualitas layanan secara umum juga turut berkontribusi pada bertambahnya jumlah pelanggan. Hingga akhir kuartal kedua 2021, tercatat total jumlah pelanggan XL Axiata bertambah menjadi 56,77 juta, dari sebanyak 56,02 juta di kuartal pertama.

Campuran pendapatan rata-rata per pengguna alias average revenue per user (ARPU) antara prabayar dan pascabayar juga meningkat dari Rp 35.000 di kuartal pertama menjadi Rp 37.000 di kuartal kedua. Sementara untuk tingkat penetrasi smartphone, berhasil meningkat dari 90% di kuartal pertama menjadi 91% di kuartal kedua.

 



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×