kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ini cara gampang pantau situasi bursa saham dengan sekali pandang


Jumat, 12 Juli 2019 / 13:15 WIB

Ini cara gampang pantau situasi bursa saham dengan sekali pandang


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Situasi bursa saham secara menyeluruh bisa terpantau dengan sekali pandang. Lewat laman Pusat Data KONTAN, kita bisa menimbang situasi bursa saham terkini dengan mudah, tanpa perlu mencermati pergerakan angka indeks satu demi satu.

Jika Anda ingin mencoba, silakan mengakses kanal Pusat Data KONTAN ini: pusatdata.kontan.co.id. Dalam sekejap, tanpa perlu klik atau ketuk menu apapun, pergerakan keseluruhan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), bisa terpampang dengan jelas.

Baca Juga: Saham Bank BRI (BBRI) sentuh rekor baru lagi, ini laba andai Anda investornya

Ada sepuluh kotak berwarna yang menggambarkan pergerakan saham secara sektoral. Keseluruh kotak sektoral Pusat Data KONTAN itu disusun berdasar klasifikasi sektor emiten oleh BEI.

Sektor-sektor itu adalah: Agricluture (Pertanian), Manufacture (Manufaktur), Consumers Goods (Barang Konsumsi), Finance (Keuangan), Mining (Pertambangan), Basic Industry (Industri Dasar), Miscellaneous Industry (Aneka Industri), Constructon (Konstruksi), Infrastructure (Infrastuktur), dan Trade (Perdagangan).

Setiap kotak akan berwarna hijau atau merah. Warna hijau berarti angka indeks sektor tersebut naik. Sebaliknya, warna merah berarti angka indeks bersangkutan sedang turun. Indikator ini menggunakan data dari RTI, partner data pasar modal Kontan.co.id.

Baca Juga: Empat Saham LQ45 dengan PER Terendah Turun, Sejalan IHSG yang Malas Naik (11/7)

Jika warna hijau mendominasi sebagian besar atau seluruh kotak sektoral tadi, berarti bursa saham sedang bullish atau dalam tren naik pada saat itu. Lain halnya jika warna merah yang dominan, kemungkinan bursa saham sedang dalam tren bearish atau cenderung menurun.

Jika jumlah kotak sektoral yang berwarna merah atau hijau seimbang, kemungkinan besar bursa saham juga sedang dalam tren mendatar atau sideaway.

Sebagai gambaran, ketika artikel ini naik server setelah sesi I perdagangan Jumat (12/7), sembilan dari 10 kotak sektoral di Pusat Data KONTAN berwarna merah. Hanya ada satu sektor berwarna hijau, yaitu sektor Perdagangan. 

Baca Juga: Hensel Davest Indonesia (HDIT) optimistis mencapai target pertumbuhan 100%

Pemandangan itu sejalan dengan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada saat yang sama yang turun 0,34%. Indeks LQ45 juga turun (-0,48%).   

Selain warna merah dan hijau, setiap kotak sektoral juga mencantumkan penambahan/pengurangan angka poin indeks serta angka persentase kenaikan/penurunan.

Satu hal penting, warna dan angka dalam halaman Pusat Data KONTAN ini nyaris seketika dengan kondisi sebenarnya di BEI.  

Mudah bukan? Silakan mencoba, kunjungi Pusat Data KONTAN.


Reporter: Hasbi Maulana
Editor: Hasbi Maulana
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0024 || diagnostic_web = 0.1636

Close [X]
×