kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indocement (INTP) Gandeng Krakatau Posco untuk Penuhi Bahan Baku Semen Hijau


Senin, 11 September 2023 / 17:08 WIB
Indocement (INTP) Gandeng Krakatau Posco untuk Penuhi Bahan Baku Semen Hijau
Kerjasama?PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk?dengan?Krakatau Posco untuk penuhi bahan baku semen hijau.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) menandatangani nota kesepahaman bersama atau memorandum of understanding (MOU) dengan Krakatau Posco pada Senin (11/9). Penandatangan MoU dilakukan Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya dengan Presiden Direktur Krakatau Posco Kim Kwang Moo.

Kerjasama ini terkait pemanfaatan produk sampingan baja berupa granulated blast furnace slag (GBFS), slag baja, sludge, dan dust sebagai bahan baku alternatif semen ramah lingkungan. Penandatangan MoU ini merupakan kelanjutan kerja sama strategis yang sebelumnya telah terjalin di antara kedua belah pihak untuk melakukan studi pemanfaatan produk sampingan baja dalam cakupan yang lebih luas.

Produk sampingan baja ini nantinya digunakan sebagai bahan baku alternatif semen ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan pasar serta membantu upaya pengurangan emisi karbon dari sektor konstruksi.  

Sebelumnya, produsen semen Tiga Roda tersebut elah menggunakan beragam bahan bakar alternatif seperti sekam padi, oil sludge, sampah perkotaan, ban bekas, serbuk gergaji, bekas kemasan dan refused derived fuel (RDF) untuk menggantikan batubara.

Baca Juga: Kenaikan Anggaran Infrastruktur Bisa Jadi Sentimen Positif untuk Emiten Semen

Indocement juga telah berinvestasi lebih dari Rp 1 trilun dalam 5 tahun sampai 6 tahun terakhir untuk membangun beragam fasilitas untuk mengkonsumsi bahan bakar dan bahan baku alternatif, investasi yang dilakukan seperti pembangunan fasilitas feeding, shredder, dan mixing untuk refused-derived fuel serta investasi yang terbaru berupa hot-disc facility

“Perusahaan kami juga terus berupaya untuk mewujudkan new purpose Indocement yaitu Material to Build Our Future yang merupakan upaya untuk memberikan solusi masa depan dengan memproduksi menyediakan bahan bangunan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan melalui penggunaan sumber bahan bakar dan bahan baku alternatif,” terang Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya dalam siaran pers, Senin (11/9).

Sementara itu, Presiden Direktur Krakatau Posco Kim Kwang-Moo mengatakan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan semen di Indonesia untuk memanfaatkan produk sampingan (by-product) baja yang ramah lingkungan sebagai material multifungsi

Di seluruh dunia, produk sampingan baja dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi, seperti bahan baku semen dan agregat. “Namun Indonesia masih berada pada tahap awal penerapan hal ini sehingga pengetahuan mengenai sistem daur ulang dan kesadaran pasar pun masih perlu untuk lebih ditumbuhkan,” kata Kim.

Baca Juga: Saham-Saham Ini Masuk Daftar Top Picks Sejumlah Sekuritas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×