kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,11   -0,67   -0.07%
  • EMAS942.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.31%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Indeks sektor barang konsumsi masih tertekan pembatasan aktivitas masyarakat


Selasa, 17 November 2020 / 17:45 WIB
Indeks sektor barang konsumsi masih tertekan pembatasan aktivitas masyarakat
ILUSTRASI. Selama pandemi Covid-19 ini, aktivitas masyarakat juga masih berada di bawah level normal.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks saham barang konsumsi tercatat naik 1,51% sepanjang kuartal IV-2020 berjalan. Kinerja ini tercatat paling rendah bila dibandingkan dengan indeks sektoral lainnya. 

Analis Panin Sekuritas Rendy Wijaya mengatakan, selain dari faktor daya beli, terbatasnya aktivitas masyarakat juga menjadi salah satu penekan kinerja di sektor konsumer. Terlihat dari beberapa segmen produk seperti minuman ringan yang biasanya dijual di gerai-gerai ritel perdagangan modern.

Selama pandemi Covid-19 ini, aktivitas masyarakat juga masih berada di bawah level normal dengan rata-rata di kisaran -10% sampai -15% di bawah batas aktivitas normal. "Hal ini turut berpengaruh terhadap penjualan produk-produk yang biasanya lebih banyak dibeli dari gerai-gerai ritel modern trade. Ini masih menjadi sentimen negatif yang menekan kinerja saham-saham sektor barang konsumsi," jelas Rendy kepada Kontan.co.id, Selasa (17/11). 

Baca Juga: Pelemahan daya beli menahan laju penguatan indeks sektor barang konsumsi

Namun, ke depan sektor ini berpotensi membaik seiring dengan perlahan pulihnya aktivitas masyarakat. Selain itu juga akan ada vaksin Covid-19 yang dapat membantu untuk mengontrol penyebaran virus di Indonesia. "Jika vaksinasi ini mulai berjalan, saya melihat akan berdampak positif terhadap kembali meningkatnya aktivitas masyarakat," imbuh Rendy. 

Saat ini, Rendy masih merekomendasikan saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dengan target harga Rp 12.450 per saham. Terutama karena pendapatan mayoritas ICBP masih berasal dari penjualan mie instan yang margin laba operasinya masih stabil di kisaran 22% sehingga masih bisa menopang kinerja. Kemudian ICBP akan memiliki dampak positif dari hasil akuisisi Pinehill Company Limited. 

Baca Juga: IHSG menguat 0,64% pada Selasa (17/11), net buy asing menyentuh Rp 739 miliar

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Managing Procurement Economies of Scale Batch 5

[X]
×