kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indah Kiat (INKP) optimistis penjualan tumbuh 10% di tahun ini


Kamis, 26 Agustus 2021 / 16:44 WIB
Indah Kiat (INKP) optimistis penjualan tumbuh 10% di tahun ini
ILUSTRASI. Indah Kiat Pulp and Paper (INKP) optimistis penjualan tumbuh 10% di tahun ini


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) optimistis penjualan hingga akhir tahun akan tetap bertumbuh. Sepanjang 2021, emiten kertas Grup Sinar Mas ini memproyeksikan penjualan bertumbuh 10%.

Direktur INKP Kurniawan Yuwono mengatakan, sepanjang tahun ini memang perekonomian global memiliki beberapa tantangan. Salah satunya terkait terjadinya kelangkaan kontainer secara global yang mengakibatkan biaya kirim meningkat signifikan. Kendati begitu, INKP optimistis penjualan tetap bertumbuh hingga tutup tahun.

Optimisme tersebut berangkat dari kinerja positif yang dicatatkan INKP sepanjang enam bulan pertama tahun ini. "Lalu, harga di pasar juga masih bagus sehingga kami masih optimis. Namun, proyeksi ini juga tergantung kondisi pandemi ini dapat teratasi dari global maupun lokal," ujarnya kepada Kontan.co.id dalam paparan publik di Jakarta, Kamis (26/8).

Baca Juga: Harga saham turun sejak awal tahun, ini rekomendasi saham INKP dan TKIM

Sepanjang semester I-2021, INKP membukukan pendapatan sebesar US$ 1,62 miliar. Pendapatan ini tumbuh 9,45% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar US$ 1,48 miliar.

Kurniawan menyebut, kenaikan pendapatan tersebut terdorong oleh harga jual produk INKP. Selain itu, juga keberhasilan strategi INKP yang mengalihkan pasar ke Asia untuk mengatasi persoalan kelangkaan kontainer.

Sepanjang semester I-2021, INKP mencatat volume penjualan terbesar berasal dari pasar Asia yang mencapai 80%. Angka tersebut naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 69%.

Kenaikan pendapatan perusahaan turut mengerek laba bersih INKP menjadi US$ 282,9 juta. Laba tersebut tumbuh 39,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 203,22 juta.

 

Selanjutnya: INKP dan TKIM akan membagikan dividen tahun buku 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×