kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG Tembus All Time High Lagi Usai Pilpres Satu Putaran? Cek Rekomendasi Saham Ini


Kamis, 15 Februari 2024 / 08:43 WIB
IHSG Tembus All Time High Lagi Usai Pilpres Satu Putaran? Cek Rekomendasi Saham Ini
ILUSTRASI. Pengunjung menggunakan gawainya di ruang edukasi pasar modal, Bursa Efek Indonesia, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (1/2/2024). Di tengah tensi geopolitik yang meningkat, tingkat suku bunga global yang tinggi, pasar obligasi Indonesia terbukti risilien dan masih memberikan return +8.7% di tahun 2023 dan perkirakan return investasi di pasar obligasi tahun 2024 akan memberikan imbal hasil sekitar +9,8%. PT Mandiri Sekuritas juga memproyeksikan kinerja positif ini masih akan berlanjut di tahun 2024-2025. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/01/02/2024


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka hampir dipastikan menang satu putaran Pemilihan Presiden (Pilpres) versi hitung cepat (quick count) lembaga survei. Hasil itu didapat usai penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) & PIlpres pada Rabu (14/2).

Founder & CEO Finvesol Consulting Fendi Susiyanto memprediksi hasil Pilpres ini bakal menjadi katalis positif bagi pasar saham, yang tercermin dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Ada sejumlah faktor yang mendorong ekspektasi tersebut. Pertama, keunggulan Prabowo - Gibran sesuai ekspektasi karena telah terprediksi dari hasil survei sebelum pencoblosan.

Baca Juga: IHSG Berpotensi Menguat Kamis (15/2), Cek Rekomendasi Saham Dari Reliance Sekuritas

Terlebih, hasil quick count menggambarkan perolehan suara Prabowo - Gibran di atas hasil survei yang sebelumnya sulit menyentuh 50%. Kedua, hasil tersebut membuat Pilpres 2024 hampir dipastikan hanya berlangsung satu putaran. Hal ini akan mengurangi risiko ketidakpastian yang dikhawatirkan oleh investor.

"Faktor terpenting adalah Pemilu & Pilpres relatif berjalan aman dan kondusif, terlepas dari ada persoalan yang mengiringinya. Ini memberikan sinyal yang positif bagi pasar modal, artinya semua on track," kata Fendi kepada Kontan.co.id, Rabu (14/2).

Pengamat Pasar Modal & Founder WH-Project William Hartanto punya pandangan serupa. Dia melihat fokus utama pelaku pasar, terutama investor asing lebih kepada Pemilu & Pilpres yang kondusif.

"Jadi jika Pemilu damai tentu saja respons akan positif dan IHSG masih bisa menguat tanpa tertekan net sell," ungkap William.

Head of Research Mega Capital Sekuritas (InvestasiKu) Cheril Tanuwijaya menambahkan, sentimen hasil quick count ini akan cenderung membawa konsolidasi yang positif.

Baca Juga: Analis CGS Rekomendasikan Spec Buy Saham PTPP, MAPI, ADRO, ACES, CPIN, DMND Hari Ini

Sebelumnya, Cheril melihat pelaku pasar telah mengantisipasi Pilpres berlangsung dua putaran.

Hal ini menjadi salah satu penyebab IHSG ambles hingga 1,20% pada Selasa (13/2), sehari sebelum pencoblosan.

Tapi ternyata hasil quick count justru menggambarkan hanya terjadi satu putaran. Hanya saja, Cheril memberikan catatan sekalipun kepastian diperoleh lebih cepat, namun pasar masih akan wait and see mencermati dinamika politik selanjutnya.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×