kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG melesat berkat PMK dan putusan Duniatex, beberapa saham bank ini layak dipantau


Kamis, 25 Juni 2020 / 06:00 WIB
IHSG melesat berkat PMK dan putusan Duniatex, beberapa saham bank ini layak dipantau


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham perbankan menghijau membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat tajam pada Rabu (24/6). IHSG kemarin naik 1,75% di 4.986,73. 

Lanjar Nafi Analis Reliance Sekuritas menjelaskan, optimisme saham sektor perbankan membuat saham BBTN naik 11,98%, BBNI menguat 8,22% dan BMRI naik 7,52%. Penguatan harga saham perbankan tersebut karena keluarnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 70/PMK.05/2020.

Peraturan tersebut menyebutkan penempatan dana di bank umum untuk membantu likuiditas perbankan dan percepatan pemulihan ekonomi nasional. 

Baca Juga: IHSG diprediksi lanjut menguat pada Kamis (24/6), berikut sentimen pendorongnya

Selain itu, PKPU Grup Duniatex segera berakhir damai dengan mayoritas kreditur menyetujui rencana perdamaian yang telah dibuat menjadi salah satu katalis. Pada tahun lalu, hal ini menjadi beban berat bank-bank besar yang terkait dalam perkara Duniatex yang gagal bayar utang dan obligasinya. 

Investor asing tercatat net buy sebesar Rp 255,43 miliar mengiringi nilai tukar rupiah yang terapresiasinya sebesar 0,23% ke level Rp 14.130 per dollar AS. 

Dari sentimen regional, investor cenderung menunggu rilis proyeksi pertumbuhan 2020 oleh IMF. Sementara sentimen global, investor menimbang aset berisiko di tengah percepatan kasus virus gelombang kedua diseluruh dunia. 

Baca Juga: Aturan baru tentang penempatan dana pemerintah bikin saham bank BUMN terbang

Investor kembali masuk ke pasar saham setelah sebagian besar pejabat di Eropa sepakat akan memperlambat rencana membuka kembali ekonominya setelah penyebaran virus kembali. Dana Moneter Internasional (IMF) juga akan merilis outlook terbaru yang mungkin akan memberikan pandangan yang lebih suram tentang bagaimana ekonomi menghadapi wabah virus corona. 

Lanjar mengatakan, secara teknikal IHSG masih kuat dengan trend positif jangka menengah dan bergerak kembali di atas Moving Average 5 hari dan 20 hari. Pergerakan IHSG selanjutnya secara teknikal akan menguji upper bollinger bands sebagai konfirmasi penguatan lanjutan. "Sehingga kami perkirakan IHSG akan bergerak melanjutkan penguatannya dengan support resistance 4.926-5.050," ujar dia. 

Baca Juga: Saham-saham bank Himbara berseri, BBTN paling tinggi setelah Menkeu tempatkan Rp 30 T

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal diantaranya; ACES, ADRO, AKRA, ANTM, BBCA, BBNI, BMRI, BBRI, BDMN, HRUM, MIKA, MNCN, TOWR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×