kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG Masih Menghadapi Tekanan Selama BREN Ditransaksikan Dengan FCA


Kamis, 06 Juni 2024 / 06:15 WIB
IHSG Masih Menghadapi Tekanan Selama BREN Ditransaksikan Dengan FCA
ILUSTRASI. Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) milik Star Energy Geothermal - PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) di Jawa Barat.


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bakal terus turun jika saham PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) masih ada di papan pemantauan khusus (PPK) dan ditransaksikan dengan mekanisme full periodic call auction (FCA).

Rabu (5/6), IHSG ambles 2,14% atau 151,64 poin ke 6.947,67 hingga akhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengamat Pasar Modal dari Universitas Indonesia Budi Frensidy bilang, pelemahan IHSG hari ini masih disebabkan faktor BREN yang masih ada di PPK yang menerapkan mekanisme perdagangan FCA. 

Sejak masuk FCA pada 29 Mei 2024, harga saham BREN mentok auto rejection bawah (ARB) versi FCA yang sebesar 10% per hari dalam empat hari perdagangan dari total enam hari perdagangan. Rabu (5/6),  harga saham BREN kembali turun 10% ke Rp 7.425 per saham. 

Harga saham BREN telah jatuh 34% dari level tertinggi sepanjang masa di angka Rp 11.250 per saham yang tercatat pada Rabu (22/5) lalu. Saat itu, nilai kapitalisasi pasar BREN mencapai Rp 1.505,02 triliun. 

Kini, nilai kapitalisasi pasar BREN hanya Rp 993,36 triliun. Artinya, nilai kapitalisasi pasar BREN terus jatuh hingga hangus Rp 511,66 triliun dalam enam hari saja. 

Baca Juga: Jalan Terjal IHSG, Longsor Diterpa Depresiasi Rupiah dan Saham BREN

“Hingga akhir Juni, IHSG masih bisa tetap berada di kisaran level 7.000. Tetapi, agak sulit untuk bisa positif bertumbuh secara year to date (YtD) di semester I ini,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (5/6).

Menurut Budi, masuknya BREN ke PPK sudah membuat kinerja IHSG turun drastis. Dalam sepekan terakhir, IHSG sudah turun 2,7%.

Alhasil, Budi menyarankan BEI untuk membatalkan mekanisme FCA agar kinerja IHSG bisa kembali membaik. “Volatilitas meningkat dan transaksi harian ikut turun jika FCA masih diterapkan. Batalkan FCA,” paparnya.

Budi pun melihat IHSG bisa saja menyentuh level 6.500 jika BREN masih berada di PPK. Sebab, BREN memiliki kapitalisasi pasar yang besar dan berbobot besar dalam IHSG.

“Bisa saja (turun ke 6.500), karena BREN berbobot besar dalam IHSG. (Penurunan IHSG) masih akan terjadi hingga BREN keluar dari PPK,” ungkap dia.

Baca Juga: BREN & Saham Prajogo Pangestu Kompak Ambrol, IHSG Jebol ke Bawah 7.000

Certified Elliott Wave Analyst Master Kanaka Hita Solvera Daniel Agustinus melihat, turunnya saham-saham Grup Barito menjadi salah satu penyebab kinerja IHSG hari ini tertekan. 

“Selain itu, outflow yang terjadi di saham-saham perbankan turut menyumbang pelemahan indeks hari ini,” kata Daniel kepada Kontan.co.id, Rabu (5/6).

IHSG masih berpotensi tertekan ke level 6.880-6.930 di bulan Juni. Apabila gagal bertahan di atas level ini, tidak menutup kemungkinan IHSG akan kembali ke level 6.670-6.700 dalam beberapa minggu ke depan.

“Salah satu sentimen pelemahan IHSG adalah pasar yang juga masih menunggu katalis pemotongan suku bunga The Fed yang diprediksi akan terjadi di akhir tahun 2024,” tutur Daniel.

Baca Juga: Jumlah Saham di Papan Pemantauan Khusus FCA BEI Bertambah Sejak Diluncurkan

Meskipun begitu, Daniel tidak melihat kebijakan transaksi FCA untuk emiten di dalam PPK berdampak negatif ke kinerja IHSG secara umum. Sebab, rata-rata emiten yang ada dalam PPK adalah emiten dengan kapitalisasi pasar yang kecil.

“Namun, masuknya BREN ke PPK membuat anomali di pasar. Apalagi, BREN batal masuk indeks FTSE, sehingga semakin memberikan tekanan negatif ke IHSG,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Financial Times Stock Exchange (FTSE) Russell batal memasukkan BREN dalam FTSE Global Equity Index. Pembatalan ini mempertimbangkan masuknya BREN ke dalam PPK yang menerapkan mekanisme perdagangan secara FCA.

Selanjutnya: China dan Pasokan Minyak Jadi Tantangan Batubara

Menarik Dibaca: 4 Tontonan Terbaru Netflix Siap Tayang Hari Ini (6/6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×