kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG Diproyeksi Bergerak Positif Sebulan ke Depan, Cek Saham dan Sektor Pilihan Ini


Rabu, 05 Juli 2023 / 17:43 WIB
IHSG Diproyeksi Bergerak Positif Sebulan ke Depan, Cek Saham dan Sektor Pilihan Ini
ILUSTRASI. Tim riset Panin Sekuritas melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan positif untuk sebulan ke depan.ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim riset Panin Sekuritas melihat  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan positif untuk sebulan ke depan. Hal ini didorong oleh sejumlah faktor dan sentimen.

Pertama, inflasi yang kembali turun di beberapa negara. Inflasi domestik juga sudah kembali masuk ke target Bank Indonesia. Inflasi per Juni 2023 terus melandai ke level 0,14% month-on-month (MoM) dan 3,52% secara year-on-year (YoY). 

Penurunan inflasi pada Juni 2023 dipengaruhi oleh penurunan inflasi inti, sejalan dengan normalisasi permintaan setelah usainya periode Idul Fitri serta penurunan tekanan harga komoditas global.

Baca Juga: IHSG Naik 0,56% ke 6.718 Pada Rabu (5/7), ESSA, INDY, MDKA Jadi Top Gainers LQ45

Kedua, antisipasi perbaikan ekonomi China di paruh kedua 2023 pasca pemangkasan suku bunga yang dilakukan. Ketiga, valuasi IHSG yang relatif atraktif. Saat ini IHSG diperdagangkan di level -1,5x strandard deviasi price to earnings (PE) 5 tahun terakhir.

Panin Sekuritas melihat sejumlah sektor yang masih akan menguat untuk satu bulan ke depan. Pertama, sektor keuangan (IDXFIN), yang terdorong perbaikan pertumbuhan kredit di Mei 2023, serta potensi penurunan suku bunga domestik akan mendorong peningkatan net interest margin (NIM) sektor perbankan.

Kedua, sektor barang konsumsi non siklus (IDXNCYC). Sektor ini terdorong angka inflasi yang kembali stabil, serta kepercayaan konsumsi yang pulih. 

Ketiga,  sektor infrastruktur (IDXINFRA), yang terkena tren positif sektor teknologi di global, serta iklim kompetisi yang relatif stabil, setelah beberapa operator menaikkan tarif data. 

Keempat, sektor transportasi (IDXTRANS), dimana terdongkrak mobilisasi masyarakat yang kembali pulih.

Di sisi lain, Panin Sekuritas memperkirakan masih ada sejumlah sektor yang akan tertekan. Pertama, sektor energi (IDXENER), yang disebabkan pelemahan harga energi yang masih mengantisipasi potensi resesi. Kedua, sektor teknologi (IDXTECH), yang tertekan potensi kenaikan suku bunga serta antisipasi penurunan gross transaction value  (GTV) pasca monetisasi yang dilakukan oleh beberapa platform).

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham yang Menarik Dikoleksi untuk Hari Ini (5/7)

“Untuk periode Juli 2023, kami merekomendasikan saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Blue Bird Tbk a (BIRD), PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPS), dan PT Bank Jago Tbk  (ARTO),” tulis Tim Riset Panin Sekuritas, Selasa (4/7).

Sebagai informasi, untuk periode Juni 2023, rekomendasi yang diberikan Panin Sekuritas mampu mengalahkan IHSG, dengan return 1,1%. Di periode yang sama,  IHSG terkoreksi 1,2%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×