kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,81   3,17   0.34%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG Diprediksi Berbalik Menguat pada Perdagangan Perdana Tahun Ini


Minggu, 02 Januari 2022 / 21:36 WIB
IHSG Diprediksi Berbalik Menguat pada Perdagangan Perdana Tahun Ini
ILUSTRASI. Layar menampilkan pergerakan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (14/12/2021). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,29% pada perdagangan hari Kamis (30/12). IHSG tercatat melorot ke level 6.581,482. 

Mengutip data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), penurunan paling dalam dicatatkan oleh sektor industri hingga 1,47%. Ada juga sektor energi yang melorot 1,46%, serta sektor transportasi dan logistik yang tertekan 1,01%. 

Analis MNC Sekuritas Aqil Triyadi mengungkapkan, pelemahan IHSG di perdagangan terakhir tahun 2021 itu diperberat oleh aksi profit taking investor setelah terjadi penguatan selama lima hari terakhir. Penyebab lain, investor masih dibayang-bayangi kekhawatiran varian Omicron. 

Adapun untuk perdagangan hari Senin (3/1), IHSG diperkirakan akan menguat terbatas menguji level resistance di 6.610  hingga 6.627. Hal itu akan lebih terkonfirmasi selama IHSG tidak mampu break ke bawah level support di 6.529  hingga 6.480.

Baca Juga: Simak Proyeksi IHSG untuk Sepekan ke Depan

"Sentimen penggerak dari rilis data inflasi dan PMI Manufaktur, serta perkembangan varian Omicron yang masih dicermati oleh pelaku pasar," ujar Aqil kepada Kontan.co.id, Jumat (31/12).

Sementara itu, CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya berpendapat, terdorong semangat tahun baru, investor biasanya akan memulai mengatur komposisi investasi di awal tahun. 

"Tentunya akan memberikan gairah terhadap pola investasi di pasar modal Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi yang menarik," jelas William dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Minggu (2/1). 

Selain semangat dan optimisme baru, rilis data perekonomian yang disinyalir masih dalam kondisi terkendali akan memberikan warna terhadap pola pergerakan IHSG besok Senin (3/1).

Baca Juga: IHSG Diramal Berbalik Menguat, Simak Pergerakan ASII, BBRI, dan TOWR pada Senin (3/1)

Hal tersebut, lanjut William, akan menjadi salah satu sentimen yang dapat mendorong naiknya IHSG hari Senin.  

Adapun IHSG hari Senin diperkirakan bergerak menguat di level 6.502 hingga 6.618. Beberapa saham yang dicermatinya ada SMGR, BBRI, ICBP, JSMR, BBNI, SMRA, dan AKRA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×