kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Henan Putihrai (HP) Sekuritas luncurkan layanan wakaf saham


Kamis, 10 Oktober 2019 / 13:39 WIB

Henan Putihrai (HP) Sekuritas luncurkan layanan wakaf saham
ILUSTRASI. Henan Putihrai (HP) Sekuritas bersama dengan Global Wakaf meluncurkan layanan wakaf saham dan Digital Donasi HPX Syariah, Kamis (10/10)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Henan Putihrai (HP) Sekuritas bersama dengan Global Wakaf meluncurkan layanan wakaf saham dan Digital Donasi HPX Syariah. Peluncuran ini sekaligus membuka perdagangan perdana pada Kamis (10/10), bertempat di Main Hall Bursa Efek Indonesia.

Ada pun program layanan wakaf saham ini merupakan salah satu program Divisi Pengembangan Pasar Modal Syariah BEI yang akan diimplementasikan pada anggota bursa yang memiliki Sistem Online Trading Syariah (SOTS).

Baca Juga: Meski anjlok, kinerja reksadana saham berpeluang positif hingga akhir tahun

Kristian S. Manullang selaku Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI mengatakan layanan wakaf saham ini memiliki kontribusi secara nyata kepada masyarakat. Ia mengatakan, saham sendiri merupakan objek wakaf yang diperbolehkan berdasarkan perundangan yang berlaku.

“Dan tentunya saham yang dapat diwakafkan adalah saham-saham yang tercatat di BEI dan masuk ke dalam indeks saham syariah (ISSI)” ujar Kristian di Jakarta, Kamis (10/10).

Direktur HP Sekuritas Muhammad Yunus mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memudahkan nasabah untuk berdonasi.

Baca Juga: Sekarang investor dapat mewakafkan saham, simak prosedurnya

Dalam kesempatan ini, HP Sekuritas juga meluncurkan fitur digital donasi HPX Syariah yang bertujuan untuk memudahkan investor dalam bersedekah.

“Fitur ini dimaksudkan untuk memudahkan nasabah untuk menyucikan hartanya sekaligus berbagi melalui sedekah, zakat, dan wakaf dalam bentuk saham,” terang Yunus.

Sementara itu, Syahru Aryansyah selaku Presiden Direktur Global Wakaf mengatakan objek yang dapat dijadikan wakaf adalah saham syariah atau hasil investasinya yang berupa dividen.

Global Wakaf sendiri merupakan salah satu nazir yang terdaftar dalam Badan Wakaf Indonesia yang saat ini berfokus pada pengembangan ekonomi melalui sektor produktif.

Baca Juga: Luncurkan wakaf saham, BNI Sekuritas targetkan 1.000 investor syariah baru per tahun

Saham atau hasil investasi saham yang telah diwakafkan akan digunakan untuk menunjang program-program wakaf produktif yang akan memberdayakan masyarakat (mauqfuh alaih). Pemanfaatan ini salah satunya akan disalurkan ke program Ritel Wakaf.

“Kita tidak hanya bicara profit oriented tetapi juga membicarakan luasnya manfaat atau benefit yang bisa kita salurkan dengan adanya wakaf saham,” terang pria yang akrab disapa Ryan ini.

Ia berharap, program wakaf saham ini akan mampu menggerakkan dan menambah nilai dari saham atau dividen saham yang diwakafkan agar menjadi lebih produktif.

Baca Juga: Tingkatkan wakaf asuransi syariah, Allianz luncurkan produk AlliSya Protection Plus

Dalam skema wakaf saham ini, Global Wakaf bertindak sebagai nazir, HP Sekuritas bertindak sebagai perusahaan efek, BEI sebagai regulator, dan masyarakat/investor sebagai wakif (orang yang mewakafkan sahamnya).

Untuk diketahui, HP Sekuritas merupakan perusahaan sekuritas ketiga yang menyediakan layanan wakaf saham di BEI. Sebelumnya terdapat MNC Sekuritas BNI Sekuritas yang juga telah meluncurkan layanan wakaf saham pada Mei dan Agustus 2019 silam.

Kristian berharap, akan ada lebih banyak lagi perusahaan sekuritas dan nazir yang ikut meluncurkan layanan wakaf saham di BEI. “Sehingga dapat meningkatkan filantropi di pasar modal Indonesia,” ujar Kristian.


Reporter: Akhmad Suryahadi
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan


Close [X]
×